5 Tanaman Pengusir Serangga Yang Mudah Ditemui

Kebanyakan orang biasanya tidak menyukai keberadaan serangga apalagi bila serangga tersebut banyak berkeliaran di sekitar rumah, bukan tidak sebab karena biasanya serangga bisa membuat kulit gatal-gatal atau pun jijik.

Untuk mengusir serangga dapat dilakukan dengan cara modern semisal menyemprotkan obat anti serangga maupun dengan cara tradisional. Cara modern mungkin bisa instan mengusir serangga, akan tetapi terkadang memiliki efek samping. Bagi yang tidak suka dengan cara-cara instan berbahan kimia, tidak ada salahnya menggunakan cara-cara yang tradisional.

Cara tradisional yang dapat dilakukan untuk mengusir serangga di rumah salah satunya dengan menanam tanaman yang bisa mengusir mereka. Selain dapat mengusir berbagai serangga, dengan cara ini rumah Anda pun bisa lebih indah. Jadi paket komplit juga kan?

Apa saja 5 macam tanaman yang mudah ditemui atau dibeli sebagai pengusir serangga? Simak bahasannya di bawah ini:

Daun Mint

Daun mint memiliki aroma yang menyegarkan, sifat aromatiknya ini tidak disukai oleh berbagai serangga seperti lalat, laba-laba, nyamuk, semut bahkan agas. Daun mint dapat menjadi dekorasi rumah yang menyegarkan terutama bila dirawat dengan baik.

Semakin sedikit serangga yang mendekat bila aroma mint semakin tajam, oleh karena itu rawatlah daun mint agar tumbuh dengan baik dengan cara rutin memetik daunnya yang sudah tua.

Selain dapat mengusir serangga, daun mint juga bisa meredakan gatal akibat gigitan serangga. Bukan hanya itu juga, tanaman ini juga sudah biasa dijadikan sebagai tanaman yang dapat dikonsumsi untuk campuran minuman maupun masakan. Komplit banget deh kalau menanam daun serba guna ini di rumah.

daun mint

Vinca / Tapak Dara

Vinca atau biasa dikenal dengan nama tapak dara merupakan tanaman hias berbunga yang dapat mengusir serangga juga. Biasanya nyamuk dan kecoa tidak menyukai sedikit aroma mirip lemon yang terdapat pada tanaman ini. Bunganya yang rajin mekar membuat tanaman ini tidak boleh dilupakan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah.

Tapak dara pink

Rosemary

Rosemary yang pada umumnya sering terlihat di dapur-dapur restoran karena bisa digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata dapat mengusir serangga juga dengan aromanya yang tidak kalah dari daun mint. Bahkan tanaman ini direkomendasikan oleh New York Botanical Garden dan Plantshed sebagai tanaman yang dapat mengusir serangga dari rumah.

Aromanya akan sangat terasa ketika kita menyentuhnya atau ketika tanaman ini sedang disiram. Selain dengan cara ditanam saja di depan rumah, bisa juga dengan cara mencincang rosemary dalam jumlah yang sama dalam air suling kemudian simpan selama 30 menit pada suhu ruangan, lalu masukan dalam botol semprot sehingga menjadi racikan alami obat semprot pengusir serangga.

Selain itu, bisa juga dengan cara membakar daun rosemary yang sudah kering. Serangga akan kabur ketika mencium aroma kuat yang tercipta akibat pembakaran daun rosemary kering.

Rosemary

Marigold

Marigold merupakan tanaman hias berbunga yang biasanya berwarna oranye atau kuning ini disebut juga dengan nama lokal bunga tahi ayam, memiliki kandungan zat yang disebut pyrethum pada bunganya. Zat ini sudah terbukti dapat mengusir berbagai macam serangga termasuk nyamuk.

Marigold oranye

Lavender

Terakhir, jangan lupakan lavender. Walaupun tanaman ini lebih populer sebagai tanaman hias pengusir nyamuk, namun kenyataanya selain nyamuk dia dapat juga mengusir berbagai jenis serangga lainnya seperti lalat, kecoa, ngengat dan agas.

Aroma lavender tidak disukai oleh serangga, namun disukai oleh manusia karena membantu siapa aja yang menghirupnya menjadi rileks, menghilangkan stres dan bahkan membantu tidur yang sehat.

Lavender air

Nah, ke 5 tanaman hias pengusir serangga tersebut dapat juga dengan mudah dipesan melalui kami dengan cara klik link di bawah:

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top