Apakah Tanaman Boleh Disiram Pada Malam Hari

Merawat atau menanam tanaman hias merupakan salah satu hobi yang baik karena selain menyegarkan, mereka menyehatkan mata, hati dan pikiran, hehe benar ga sahabat tanam? Namun, kesibukan para pecinta tanaman pasti berbeda-beda ya, kalau lah ibu rumah tangga mungkin merawat tanaman bisa lebih intens ya?

Tetapi bagi yang memiliki pekerjaan kantor, tak jarang mereka baru bisa pulang malam hari. Merawat tanaman bisa jadi pelampiasan untuk menyenangkan diri atau menghilangkan penat akibat rutinitas kantor, oleh karenanya tak jarang mereka yang sibuk di kantor tetap ingin menyiram tanamannya sendiri walaupun di rumah ada orang lain, sehingga terpaksa menyiram tanaman  diwaktu malam hari karena hanya waktu itu yang bisa dilakukan untuk menyiram.

Namun, pertanyaannya adalah apakah tanaman boleh disiram pada malam hari??

Ilustrasi menyiram tanaman

Hanya Menyiram Pada Malam Hari Jika Terpaksa

Sebenarnya tidak mengapa jika menyiram tanaman pada malam hari sesekali, namun yang tidak boleh adalah bila menyiramnya rutin setiap malam. Bila tanaman sahabat memang sudah harus disiram pada malam hari karena sudah beberapa hari tidak disiram dan mengakibatkan mereka layu banget, maka lebih baik disiram walaupun itu malam hari, karena bila ditunggu lagi sampai besok mungkin akan memperparah kondisi layu mereka.

Lalu Mengapa Tidak Boleh Melakukan Penyiraman Pada Waktu Malam Hari?

Menyiram tanaman pada malam hari sebenarnya tidak diperlukan (selain kondisi terpaksa), baik itu untuk tanaman indoor maupun tanaman outdoor seperti bunga mawar. Rutin menyiram pada malam hari hanya akan mengundang penyakit bagi si tanaman, bila tanaman sudah terkena penyakit kita-kita juga kan yang kewalahan?

Pada malam hari tanaman tidak dapat menyerap air dengan baik karena tidak ada bantuan penguapan dari matahari, sehingga air biasanya akan diam di daun dan batang tanaman. Kondisi yang lembap pada malam hari ditambah tidak ada penguapan memicu pertumbuhan jamur di sekitar akar, batang dan daun.

Tentu hal tersebut sangat merugikan tanaman, karena mereka bisa terjangkit berbagai penyakit yang ditimbulkan akibat pertumbuhan jamur. Jadi mulai saat ini segera stop bila sahabat tanam masih sering menyiram tanaman di malam hari.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menyiram Tanaman?

Waktu yang paling tepat untuk menyiram tanaman tentunya adalah di waktu pagi hari sebelum matahari meninggi, yakni sebelum sinarnya terasa panas terik, biasanya sekitar sebelum jam 10 pagi.

Menyiram mereka pada pagi hari bagus karena menjadikan pasokan mereka untuk melewati hari yang panas. Memberikan waktu bagi air untuk mengering sebelum malam tiba, sehingga membantu mencegah penyakit yang timbul karena jamur. Dan, peluang air diserap oleh akar semakin tinggi karena pagi hari matahari tidak menyengat sehingga air tidak banyak yang menguap.

Namun, bila tidak bisa menyiram pada pagi hari, lebih baik tanaman disiram pada sore hari ketimbang siang hari, karena bila pagi hari belum disiram dan langsung disiram di siang hari, biasanya tanaman akan terbakar.

Waktu menyiram pada sore hari baiknya setelah matahari mulai turun atau setelah terasa tidak terlalu panas dan sebelum senja tiba yakni sekitar pukul 4 sore. Dengan begitu, mereka tidak akan terbakar dan masih ada waktu bagi tanaman untuk menyerap air sebelum masuk ke waktu malam.

Bagaimana Bila Tidak Bisa Menyiram Pagi dan atau Sore Hari?

Mungkin ada sebagian orang yang tidak bisa menyiram baik itu pagi atau pun sore hari. Bisa jadi tidak bisa menyiram pagi karena bangunnya selalu kesiangan sehingga tidak sempat menyiram karena harus pergi kerja. Apalagi sore hari karena pulang kerja selalu terlambat akibat banyak pekerjaan di kantor atau pun terjebak macet.

Bila seperti itu, solusinya bisa menyuruh orang yang ada di rumah untuk menolong menyiram mereka pada pagi atau sore hari, hanya saja bila begitu kita tidak mendapatkan seni dan kenikmatan dalam merawat mereka, hehe.

Bagaimana kalau tinggal di rumah sendirian tidak ada keluarga maupun pembantu di rumah? Well, bila begitu kondisinya sebaiknya sahabat tanam harus bangun lebih awal tentunya ya. Bangun pagi atau subuh akan lebih menyehatkan juga tentunya, hehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top