Apakah Tanaman Indoor Membutuhkan Matahari?

Halo sahabat tanam, apa yang terlintas dibenak kamu mengenai tanaman indoor? Yups, tanaman indoor adalah berbagai macam tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam ruangan, itu arti secara luasnya. Bila diletakkan dalam ruangan, mungkin akan terlintas dibenak bahwa tidak ada cahaya matahari yang masuk. Nah, pertanyaannya adalah apakah tanaman indoor membutuhkan matahari atau tidak?

Ayo siapa yang bisa jawab?? Hehe, saya berikan pilihannya nih:Tidak perlu dong, namanya juga tanaman indoor berarti tanaman yang tidak perlu matahari.

A. Tidak perlu dong, namanya juga tanaman indoor berarti tanaman yang tidak perlu matahari.

B. Ya tetap perlu dong, kalau tidak ada matahari, bagaimana dia berfotosintesis?

C. Jawaban A dan B benar.

D. Auuuuu ah gelap.

Ayo sahabat tanam jawab yang mana nih? Hihi…

Jawaban yang benar tentunya yang B ya. Berikut penjelasannya:

Schismatoglottis – salah satu tanaman indoor

Tanaman Indoor Tetap Membutuhkan Matahari

Berdasarkan pengamatan saya selaku penjual tanaman hias online, ternyata masih banyak orang yang salah paham dengan pengertian tanaman indoor. Pada dasarnya memang benar tanaman yang dikategorikan indoor merupakan tanaman yang penyimpanannya bisa disimpan di dalam ruangan. Berbeda dengan tanaman outdoor seperti bunga mawar dimana peletakannya harus disimpan di bawah matahari penuh (full sun).

Namun, sebenarnya tanaman indoor juga tetap membutuhkan matahari. Bukan berarti karena kategorinya indoor otomatis dia tidak perlu cahaya matahari sama sekali. Namun, intensitas cahaya matahari yang mereka perlukan hanya sedikit.

Tentunya sinar matahari dibutuhkan untuk keberlangsungan hidupnya, saya ingat pertama kali belajar tentang fotosintesis sewaktu zaman SMP. Nah, fotosintesis ini adalah proses yang dibutuhkan oleh hampir semua tanaman.

Apa Itu Fotosintesis?

Dikutip dari wikipedia :

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil. …

Hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi. Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi. Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi. …

Secara pengertian mudahnya, fotosintesis adalah cara bagi tanaman atau tumbuhan untuk menghasilkan makanan atau energi yang mereka perlukan demi pertumbuhannya.

Jadi tanpa matahari tentunya tanaman tidak dapat melakukan kegiatan fotosintesis, artinya bila mereka tidak bisa melakukan fotosintesis otomatis mereka tidak bisa menghasilkan makanan, nah bila mereka tidak bisa menghasilkan makanan berarti? Sahabat tanam pasti tahu ya kalau makhluk hidup tidak dapat makanan bagaimana jadinya, hehe.

Apakah Semua Tanaman Membutuhkan Matahari?

Sebelumnya saya sebutkan bahwa hampir semua tanaman membutuhkan matahari untuk fotosintesis. Ada kata “hampir” berarti tidak semua butuh dong? Yups, ternyata ada juga tanaman yang tidak membutuhkan matahari yakni tanaman parasit karena mereka hidup dengan cara menyerap makanan dari tanaman yang ia tumpangi.

Kesimpulan

Nah, jadi kesimpulannya adalah tanaman indoor tetap membutuhkan matahari namun toleran terhadap kekurangan matahari.  Biasanya kebanyakan tanaman hias berkategori indoor bila disimpan di dalam ruangan menyukai tempat yang terang seperti diletakkan dibalik jendela sehingga masih bisa terkena matahari secara tidak langsung selama beberapa jam.

Namun, bila sahabat tanam tidak bisa menyimpan tanaman indoor di balik jendela, yang penting dia bisa diletakkan di tempat yang terang. Terang disini ruangannya ketika siang hari tidak gelap atau pengap. Kemudian sahabat tanam perlu menjemur mereka setidaknya 1-2 kali dalam seminggu agar mereka tetap bisa melakukan fotosintesis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top