Jual Tanaman Hias Herba Kitolod | WA 082129115607

Kami menjual tanaman hias herba kitolod dengan spesifikasi kurang lebih sebagai berikut:

  • Harga: Rp 15.000.
  • Tinggi tanaman sekitar 15-25cm (tergantung stok)
  • Tanaman dikirim tanpa pot.
  • Berat sekitar: 150 gram.
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 4-5 hari.
  • Rekomendasi ukuran pot diameter 15-20 cm.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman : Outdoor.
  • Tanaman dikirim tidak selalu sama persis dengan gambar dikarenakan perbedaan karakteristik setiap pertumbuhannya (tergantung stok).
Tanaman kitolod

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini:

Profil Tanaman Herba Kitolod

Tanaman kitolod atau yang memiliki nama botani yakni hippobroma longiflora adalah jenis tanaman herba. Bukan herbal ya, tetapi herba. Tanaman herba adalah tanaman yang memiliki batang lunak disebut juga dengan tumbuhan terna, sedangkan tanaman herbal adalah tanaman yang bisa langsung dijadikan obat

Di Sunda tanaman ini disebut juga dengan nama daun tolod, sedangkan di Jawa disebut dengan nama kendali atau sangkobak. Dalam bahasa Inggris nama tanaman ini adalah star of betlehem atau madamfate.

Tanaman kitolod merupakan tanaman yang tumbuh hijau sepanjang tahun (perennial) dengan tinggi tanaman hanya berkisar 20-60 cm dan bercabang kecil. Memiliki akar berdaging keputihan serta getahnya yang berwarna putih susu dengan bau yang kurang enak.

Daunnya berbentuk sederhana memanjang runcing dengan warna hijau dan bergerigi dengan panjang 5-15 cm sedangkan lebarnya sekitar 1-3,5cm. Bunganya muncul menyendiri dari setiap batang tunggalnya berwarna putih dengan bentuk menyerupai bintang dan lumayan wangi.

Tanaman herba kitolod ini berasal dari Karibia – Jamaika, tanaman ini memiliki kandungan politerol, alkaloid, flavanoid dan samponi. Kandungan-kandungan tersebut adalah kandungan yang dapat menyembuhkan gangguan mata. Oleh karena itu tanaman ini sangat populer sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan mata. Namun, apakah benar tanaman ini bisa menyembuhkan penyakit mata?

Kitolod Dapat Mengobati Penyakit Mata – Mitos atau Fakta?

Walaupun kitolod ini memiliki kandungan-kandungan yang telah disebutkan di atas sebelumnya, namun sayangnya sebagian besar tanaman ini memiliki racun pada setiap bagiannya khususnya getahnya.

Getahnya bila kontak dengan kulit dapat mengakibatkan iritasi apalagi bila getahnya masuk ke mata dapat mengakibatkan kebutaan, dan jangan sekali-kali mencoba juga memakannya karena tanaman ini benar-benar beracun.

Jadi jawaban bahwa tanaman ini bisa mengobati mata adalah mitos karena belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa kitolod dapat mengobati gangguan mata atau penyakit mata. Lalu apa donk manfaat tanaman ini?

Manfaat Kitolod Dalam Dunia Medis

Dalam dunia medis kitolod dimanfaatkan untuk dijadikan obat yakni obat untuk penyakit kelamin, asma, bronkitis, rematik dan bahkan epilepsi. Tetapi jangan berasumsi bahwa untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut sahabat tanam dapat memakan langsung kitolod ini ya. Pada dunia medis, kitolod diolah dulu dengan teknologi farmasi sehingga bisa dijadikan obat.

Sebagai obat mata adalah mitos, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit harus diolah dulu dengan teknologi farmasi, jadi apa yang bisa sahabat tanam manfaatkan dari tanaman ini?

Manfaat Kitolod Untuk Sahabat Tanam

Jadi apa donk manfaat kitolod buat kita-kita yang awam dengan dunia medis? Tak lain dan tak bukan, manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman ini dari persepsi kita sebagai orang awam dalam dunia medis adalah hanya untuk kebutuhan hiasan saja.

Bunganya yang putih berbentuk menyerupai bintang sangat cantik bila di tanam menjajar sebagai tanaman pembatas juga karena memiliki aroma harum. Selain itu, tanaman ini sangat mudah ditumbuhkan dan cocok sebagai tanaman outdoor (tanaman yang bagusnya terkena matahari langsung).

Perbanyakannya pun sangat mudah karena bisa dilakukan dari biji, stek maupun dari anakannya. Namun, hati-hati bila memiliki anak kecil atau hewan peliharaan karena takutnya tidak sengaja memakan bagian dari tanaman ini.

Nah, lho kok ini yang jualan kitolod malah nakut-nakutin? Tidak-tidak, saya tidak menakut-nakuti namun hanya berbicara fakta berdasarkan sumber-sumber yang telah saya baca tentang tanaman ini. Kalau takut untuk menanam kitolod, kan masih banyak ragam tanaman hias lainnya yang bisa sahabat manfaatkan untuk ditanam di rumah. Tapi, tetep belinya ke kita ya, hehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top