Jual Tanaman Hias Jade Plant Gantung | WA 082129115607

Kami menjual tanaman hias jade plant gantung dengan spesifikasi kurang lebih sebagai berikut:

  • Harga: Rp 30.000.
  • Tanaman ini tidak tinggi, tetapi pertumbuhannya berjatuhan ke bawah (menjuntai).
  • Tanaman dikirim tanpa pot, kecuali pemesanan via grab/gojek gratis pot hitam (konfirmasikan bila ingin dikirim dengan pot hitam).
  • Berat sekitar: 200 gram.
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 3-4 hari.
  • Rekomendasi ukuran pot gantung diameter 18-20 cm.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman : Indoor bisa outdoor bisa.
  • Tanaman dikirim tidak selalu sama persis dengan gambar dikarenakan perbedaan karakteristik setiap pertumbuhannya (tergantung stok).
Jade plant gantung

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini:

Profil Tanaman Hias Jade Plant Gantung

Tanaman hias jade plant merupakan tanaman sekulen yang berasal dari keluarga crassulaceae, maka tak heran nama lain dari tanaman ini adalah crassula ovata. Namun, pada kenyataannya jenis crassula ovata ini banyak sekali ragamnya, salah satu crassula lainnya yang kami miliki adalah crassula ovata tricolor.

Saya sendiri sebenarnya belum menemukan ID spesifik dari jade plant atau crassula ovata yang satu ini. Namun, karena pertumbuhannya jatuh ke bawah (tidak berdiri tegak), sementara saya sebut crassula ini dengan nama jade plant gantung (soalnya tanaman ini cocok digantung, hehe). Bagi sahabat tanam yang tahu ID spesifiknya boleh share di komentar ya.

Jade plant aslinya berasal dari daerah Afrika Selatan, mereka dikenal karena daunnya yang tebal, berdaging, berkilau, dan halus yang tumbuh berpasangan. Daun jade plant ini berwarna hijau gelap bila disimpan di tempat teduh, namun ujung tepinya bisa agak memerah bila terkena sinar matahari langsung atau penuh. Cabang-cabangnya menebal seiring bertambahnya usia.

Tanaman ini merupakan tanaman yang tangguh, mudah ditumbuhkan oleh karena itu para pemula yang sedang belajar menanam saya sarankan untuk mencoba tanaman yang warna hijaunya sungguh menggoda ini.

Cara Perawatan Jade Plant Gantung

Berbeda dengan bunga mawar yang tidak bisa ditanam indoor, crassula ovata bisa ditanam baik itu indoor maupun outdoor, kuncinya adalah mengetahui bagaimana cara merawat mereka ketika disimpan indoor atau disimpan outdoor.

Bila disimpan indoor, bagusnya mereka masih bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dengan cara menyimpannya dibalik jendela, atau simpan mereka di bawah naungan semisal canopy. Tetapi bila tidak bisa, sahabat tanam bisa menyimpannya di ruangan manapun asal kondisinya terang dan tidak lembap. Namun bila kondisinya seperti itu, baiknya mereka dijemur matahari pagi sampai siang dua kali dalam seminggu.

Bila disimpan outdoor, terkadang bila suhu terlalu panas bisa saja daunnya terbakar (menjadi coklat), sehingga sahabat tanam harus memperhatikan apakah di rumah sahabat tanam bila mereka disimpan full sun daunnya terbakar atau tidak, bila tidak berarti tidak usah dipindahkan, bila terbakar baiknya segera pindahkan ke tempat matahari parsial (matahari sebagian).

Media Tanam Jade Plant Gantung

Media tanam yang disukai jade plant gantung ini adalah media yang porous atau dapat menyerap air dengan cepat. Mereka tidak suka dengan media tanam yang padat karena mereka tidak suka bila air lama tersimpan karena dapat mengakibatkan akar mereka busuk.

Contoh media tanam yang porous adalah sekam mentah atau sekam bakar atau media tanam jadi dalam kemasan dimana kadar tanah dan cocopeatnya lebih sedikit.

Tips Menyiram Jade Plant Gantung

Jade plant merupakan tanaman yang tidak terlalu suka banyak air, hal ini dikarenakan daun mereka dapat menyimpan cadangan air untuk waktu tertentu. Bila kebanyakan air akarnya bisa busuk atau daunnya yang busuk. Jadi bila ditanya berapa hari sekali atau sekali berapa kali tanaman ini harus disiram itu tergantung dengan media tanam yang dipakai dan suhu udara tempat sahabat tanam disana.

Kuncinya adalah dengan cara memasukkan jari telunjuk ke media tanam dan rasakan bila masih lembap jangan dulu disiram, bila terasa sudah kering baru disiram, disiramnya pun tidak usah terlalu banyak.

Sebagai perbandingan, kami (di Bandung) menyiram jade plant gantung ini dengan kondisi penyimpanan outdoor namun terkena matahari parsial dan menggunakan media tanam sekam mentah, menyiramnya setiap 2 hari sekali.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top