Jual Tanaman Hias Silver Dust | WA 082129115607

Kami menjual tanaman hias silver dust daun lebar dengan spesifikasi kurang lebih sebagai berikut:

  • Harga: Rp 25.000.
  • Tinggi tanaman sekitar 15-30cm (tergantung stok)
  • Tanaman dikirim tanpa pot.
  • Berat sekitar: 150 gram.
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 3-4 hari.
  • Rekomendasi ukuran pot diameter 15-18 cm.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman : Indoor atau Semi Outdoor.
  • Tanaman dikirim tidak selalu sama persis dengan gambar dikarenakan perbedaan karakteristik setiap pertumbuhannya (tergantung stok).

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini:

Profil Tanaman Hias Silver Dust Daun Lebar

Tanaman hias silver dust di Indonesia dikenal dengan nama tanaman putri salju, hal ini karena tanaman ini memiliki daun yang dilapisi bulu-bulu halus berwarna abu-abu keperakan di atas daun hijaunya sehingga dianggap seperti lapisan salju.

Senecio cineraria adalah nama latin atau nama botani tanaman hias yang unik ini. Spesies bunga putri salju ini masuk dalam keluarga asteraceae. Di luar negeri selain disebut silver dust, nama lainnya yang populer untuk tanaman ini adalah dusty miller.

Tanaman silver dust ini sebenarnya ada dua macam, yang daun lebar seperti pada gambar di atas dan juga ada yang daunnya runcing. Namun, pada artikel ini dibahas yang daun lebar dulu ya sahabat tanam.

Habitat Silver Dust

Silver dust di daerah asalnya tumbuh di tempat yang kering dari daerah Mediterania Barat dan Tengah. Namun mereka akan tumbuh baik pada tanah atau media tanam yang memiliki drainase baik dan jika dilakukan penyiraman secara teratur, mereka mentoleransi bila ditanam pada media tanam tanah berpasir.

Mereka mentoleransi kekeringan juga bila sudah beradaptasi pada media tanam yang diberikan oleh sahabat tanam, tetapi jangan biarkan mereka berada dalam kondisi kekeringan secara berkepanjangan ya sahabat tanam, walau bagaimana pun kalau terlalu lama kekeringannya mereka bisa mati.

Cara Merawat Silver Dust

Bila sahabat tanam melakukan penanaman silver dust menggunakan media tanam baru (beli mereka via online), mereka perlu disiram setiap hari terutama bila menggunakan media tanam yang porous (memiliki daya serap air yang cepat) sampai akarnya berkembang dengan baik.

Untuk tahap awal penanaman saya sarankan sahabat tanam menggunakan full media tanam sekam bakar agar akarnya dapat berkembang lebih cepat dan air tidak tersimpan terlalu lama, sehingga akar tanaman ini tidak busuk.

Bila sudah segar, tanaman hias silver dust ini sebenarnya menyukai cahaya matahari, namun beda dengan bunga mawar yang harus full sun, silver dust mentolerir tempat teduh juga, jadi penyimpanan bisa dilakukan di bawah matahari parsial (matahari sebagian) biasanya dibalik jendela. Namun bila tidak bisa simpan dibalik jendela, di dalam ruangan manapun boleh asalkan ruangannya terang dan usahakan untuk menjemurnya paling tidak 1-2 kali dalam seminggu.

Untuk penyiramannya bila sudah segar, sahabat tanam tinggal cek saja kelembapan media tanamnya dengan cara mencolokkan jari telunjuk sedalam buku pertama, rasakan bila media tanam terasa kering, maka itu tandanya dia perlu disiram.

Pertumbuhan Silver Dust

Pertumbuhan silver dust daun lebar ini bila sudah dewasa rata-ratanya hanya mencapai tinggi 30cm, namun kadang bisa juga hingga maksimal sekitar 60 cm. Untuk penyebaran diameter pertumbuhannya maksimal biasanya hanya setengah dari tingginya. Jadi bila dia tumbuh tinggi 30cm, biasanya lebarnya maksimal hanya 15cm.

Untuk segi estetikanya, tanaman ini cocok dijadikan sebagai tanaman perbatasan atau dijajarkan pada media pot sebagai pembatas tanaman lainnya dikarenakan warnanya yang sangat kontras yakni silver dimana kebanyakan tanaman indoor lainnya berwarna hijau.

Hal Unik Dari Silver Dust

Silver dust ini sangat unik ya sahabat tanam, entah karena daunnya yang seperti tertutup salju, hama biasanya tidak menyukai tanaman ini, mungkin takut kedinginan kali ya pikir si hama, hehe. Oleh karena itu, perawatan tanaman ini terbilang mudah. Selain mudah untuk dirawat, silver dust akan menimbulkan warna yang cerah ketika daunnya terkena cahaya lampu pada waktu malam hari.

Hal unik lainnya dari tanaman putri salju adalah ketika daunnya tersiram air, maka bulu-bulu halusnya akan terlihat seperti menghilang dan daunnya berubah menjadi warna hijau. Namun, sahabat tanam tidak perlu khawatir karena ketika daunnya sudah kering, maka bulu-bulu halusnya yang berwarna keperakan akan kembali muncul.

Jadi dalam hal penyiraman, tidak usah takut jika daunnya ikut tersiram, namun ada baiknya bila daunnya tidak usah disiram saja agar tidak perlu nunggu lagi warna silvernya kembali. Mereka akan kembali kering bisa ber jam-jam lamanya apalagi bila disimpan indoor.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top