Cantik Itu Adalah Bunga Mawar

Siapa yang tidak tahu dengan bunga mawar? Ya, bunga mawar adalah salah satu jenis bunga cantik yang ada didunia ini. Mawar yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan nama Rose, merupakan bunga yang dapat dibudidayakan secara komersial dengan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Mengapa demikian? Karena mawar itu cantik, cocok dijadikan berbabagai macam hiasan sehingga permintaanya besar.

Bunga ini cocok dijadikan sebagai bunga tangan (hand bouquet), dekorasi pernikahan, bunga papan (stick werk), untuk pemberian satu tangkai mawar yang dibungkus dengan plastik khusus, ditanam dalam pot atau tanah, bahkan kelopaknya sering kali dijadikan juga bunga tabur pada pemakaman.

Mawar holland oranye (vodoo)

Selain karena cantik, mawar memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dikarenakan kegunaannya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sehingga permintaan akan bunga ini tinggi, juga karena pembudidayaannya yang tidak mudah. Mawar merupakan salah satu tanaman yang bersifat manja. Para pelaku budidaya harus melakukan pemeliharaan yang ekstra hati-hati dan tentunya semua itu memerlukan biaya lebih untuk perawatannya.

Mawar itu memang cantik. Walaupun dalam batangnya terdapat duri, namun bunganya benar-benar mempesona sehingga sering sekali lelaki menyatakan cintanya terhadap perempuan yang disukainya menggunakan bunga ini, atau untuk memberikan kejutan romantis terhadap pasangannya baik itu istri atau pacarnya. Dan kaum perempuan pun sangat jarang atau mungkin tidak ada yang menolak jika diberi bunga mawar. Sekali lagi karena mawar itu sangat menawan.

Warna pada bunga ini pada umumnya yang paling sering kita jumpai adalah merah, pink dan putih. Namun sebenarnya masih banyak sekali ragam warnanya seperti kuning, oranye, bahkan sekarang mawar dengan akal manusia dan seizin Tuhan Yang Maha Esa bisa dibuat menjadi warna pelangi, biru, hitam, dan lain-lain (khususnya bunga potong mawar – bukan bibitnya). Warna-warna pelangi, biru dan hitam hanya bisa terjadi pada mawar potong berwarna putih yang direkayasa dengan cara teknik osmosis. Hal ini tidak dapat terjadi untuk bibit tanamannya tetapi ya.

Karena cantiknya bunga mawar ini, dalam kebudayaan Barat, mawar adalah bunga lambang cinta dan kecantikan. Di Inggris mawar dijadikan bunga nasional mereka dan masih banyak lagi negara yang menjadikan mawar sebagai lambang lainnya yang memiliki makna tersendiri.

Mawar itu cantik, cantik rupanya, cantik nilainya, cantik namanya, cantik sekali deh. Bagi sahabat tanam yang  memerlukan pasokan bunga potong mawar maupun bibitnya untuk ditanam, silahkan hubungi kontak yang tersedia pada blog ini. Salam cantik dari bunga mawar.

Temukan juga sebagian keindahan si ratu bunga ini disini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top