Jual Tanaman Hias Kalanchoe (Calandiva) | WA 082129115607

Kami menjual tanaman hias Kalanchoe atau Calandiva atau yang lebih dikenal dengan nama lokal Cocor Bebek dengan spesifikasi kurang lebih sebagai berikut:

  • Harga: Rp 30.000 (Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya).
  • Tinggi tanaman yang dikirim berkisar 15-20 cm dari dasar polybag (tergantung stok).
  • Tanaman dikirim tanpa pot.
  • Berat sekitar: 300 gram.
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 4-5 hari.
  • Rekomendasi ukuran pot diameter 15-20 cm.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman : Indoor atau Semi outdoor (cocor bebek lebih menyukai tempat yang tidak terkena matahari langsung).
  • Tanaman dikirim tidak selalu sama persis dengan gambar dikarenakan perbedaan karakteristik setiap pertumbuhannya (tergantung stok).
Cocor bebek oranye

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini:

Profil Bunga Kalanchoe

Bunga kalanchoe atau calandiva atau cocor bebek merupakan tanaman yang termasuk kedalam keluarga Crassulaceae yang masih termasuk juga ke dalam jenis sekulen. Tanaman ini aslinya berasal dari Madagascar namun beberapa spesies ditemukan juga di daerah Brazil dan beberapa tempat di Asia. Tanaman ini sangat populer sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang warna-warni, mudah perawatannya dan hanya sedikit membutuhkan air.

Walaupun terdapat beberapa jenis kalanchoe, namun secara garis besar mereka memiliki kesamaan pada daunnya yang tebal yakni khasnya daun sekulen. Bunganya muncul di ujung tangkai dengan berbagai warna-warni yang cerah, namun umumnya adalah warna merah, putih, oranye, kuning dan pink.

Nah, kalanchoe yang kami miliki adalah jenis kalanchoe blossfeldiana seperti pada gambar di atas. Dalam bahasa Inggris, tanaman hias ini memiliki banyak nama lainnya lagi yakni Flaming Katy, Christmas Kalanchoe, Florist Kalanchoe dan Madagascar Widow’s-Thrill.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya di atas, bunga calandiva merupakan tanaman yang mudah dipelihara, sehingga alasan inilah mengapa tanaman ini mudah ditemukan dan tumbuh sebagai salah satu tanaman hias populer.

Tips Perawatan Tanaman Hias Cocor Bebek

Media Tanam dan Penempatan

Media tanam yang disukai tanaman ini adalah media yang memiliki daya drainase yang baik dan cahaya terang matahari untuk kesehatan pertumbuhannya. Cocor bebek tidak menyukai suhu udara yang terlalu dingin. Jika sahabat tanam ingin menanamnya dalam pot, rekomendasi pot terbaik untuk cocor bebek adalah pot yang dibuat dari tanah liat dan memiliki lubang pembuangan air yang baik.

Media tanam yang memiliki daya drainase baik contohnya adalah sekam bakar, sekam mentah atau media tanam yang sudah jadi namun perbandingan tanahnya lebih sedikit, karena media tanam tanah memiliki daya drainase yang lambat.

Penempatan bunga cocor bebek tidak boleh terkena sinar matahari langsung, sehingga rekomendasi penyimpanan adalah di luar ruangan dimana matahari masih tersaring oleh canopy atau hanya terkena matahari pagi – siang. Bisa juga disimpan indoor dengan syarat di ruangan yang terang dan sesekali dijemur bila tidak terkena matahari sama sekali.

Penyiraman

Tentunya semua tanaman membutuhkan air, begitu juga dengan tanaman ini, namun terlalu banyak air bisa menyakiti tanaman ini. Sehingga Anda hanya perlu menyiram kalanchoe ketika media tanamnya terlihat kering.

Cocor bebek dapat menyimpan air di daunnya jadi penyiraman hanya perlu ketika medianya kering saja, jangan dibiarkan terus-terusan lembap karena hanya akan membuat mereka sakit.

Pemupukkan

Nutrisi tambahan seperti pupuk perlu dilakukan agar pertumbuhan kalanchoe tetap optimal, namun tanaman ini cukup diberi pupuk setiap satu bulan sekali, minimal pupuk yang dapat diberikan adalah NPK. Tetapi lebih bagus, lebih baik.

Re-Potting (Pergantian Pot)

Pergantian pot perlu dilakukan hanya apabila ukuran calandiva sudah tidak proporsional dengan ukuran potnya. Namun, karena tanaman ini memiliki sistem akar yang sedikit dan pertumbuhannya yang lambat, pergantian pot biasanya jarang diperlukan.

Kelembaban

Cocor bebek tidak memerlukan media tanam yang terus menerus lembab. Suhu ruangan normal sudah cukup bagi mereka, dan mereka tidak memerlukan penyemprotan embun seperti pada kebanyakan tanaman indoor jenis dedaunan.

Propagasi (Perbanyakan Tanaman)

Tidak seperti bunga mawar yang memerlukan teknik okulasi untuk perbanyakannya, tanaman hias ini sangat mudah diperbanyak yakni dengan cara stek batang maupun stek daun.

Baca juga: Perkembangbiakan cocor bebek

 Sumber referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Kalanchoe_blossfeldiana

https://www.houseplantsexpert.com/flaming-katy.html

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top