Jual Tanaman Hias Begonia Soli-Mutata

Kami menjual tanaman hias begonia soli-mutata atau disebut juga begonia alur hijau dengan spesifikasi kurang lebih sebagai berikut:

  • Harga: Rp 30.000.
  • Tinggi tanaman sekitar 10-20cm (tergantung stok)
  • Tanaman dikirim tanpa pot.
  • Berat sekitar: 120 gram.
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 4-5 hari.
  • Rekomendasi ukuran pot duduk diameter 15-20 cm.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman : Indoor.
  • Tanaman dikirim tidak selalu sama persis dengan gambar dikarenakan perbedaan karakteristik setiap pertumbuhannya (tergantung stok).

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini:

Profil Tanaman Hias Begonia Soli-Mutata

Tanaman hias begonia soli-mutata di Indonesia disebut dengan nama begonia alur hijau karena daunnya memiliki garis vena berwarna hijau yang membuat corak daun begonia dengan latar cokelat ini begitu menarik.

Begonia ini disebut juga dengan nama sun-changing begonia karena warnanya berubah-ubah sesuai tingkat cahaya yang dia terima. Semakin terang atau semakin banyak cahaya yang ia terima, maka semakin gelap warna daunnya.

Begonia alur hijau yang berasal dari Brazil ini merupakan tanaman perennial (hidup lebih dari 2 tahun bila dirawat dengan baik). Begonia ini memiliki banyak sekali nama selain dua nama lainnya yang telah disebutkan di atas. Nama-nama lainnya yakni begonia glaziovii, begonia ‘burle marx’ dan rhizomatous begonias.

Biasanya rata-rata tanaman memiliki satu fitur yang menonjol yang membuatnya cantik, namun begonia soli-mutata memiliki lebih dari satu fitur yang membuat dirinya begitu cantik. Yang istimewa dari begonia ini tentu dari bentuk daunnya yang menyerupai bentuk hati (cinta) walau tidak rata. Warna permukaan daunnya adalah coklat kemerahan dengan garis vena hijau lime serta pada bagian bawahnya berwarna merah.

Tak hanya itu saja, daunnya pun dilapisi oleh bulu-bulu halus yang membuat tanaman ini semakin “merinding” cantiknya. Seperti pada kebanyakan keluarga begoniaceae, begonia alur hijau ini pun bisa memekarkan bunga yang tumbuh dari batang tunggalnya dengan bunga berwarna putih kecil-kecil.

Begonia soli-mutata hanya tumbuh tinggi maksimal sekitar 15-30 cm dan lebar maksimal sekitar 37-45 cm. Karena tanaman hias ini lebih menonjolkan kecantikan daunnya, disarankan bunga yang muncul untuk segera dipotong agar nutrisi tetap fokus kepada perkembangan daunnya. Kecuali bila sahabat tanam memang ingin menikmati bunganya juga, maka tidak perlu dipotong.

Tips Perawatan Begonia Soli-Mutata

Berbeda dengan bunga mawar yang menyukai sinar matahari langsung, begonia alur hijau sama dengan kebanyakan tanaman begonia lainnya yakni tidak suka dengan sinar matahari langsung. Jadi simpanlah dia di bawah matahari tidak langsung atau matahari parsial (sebagian).

Akan tetapi, tanaman ini lebih cocok untuk dijadikan tanaman indoor asalkan di tempat yang terang semisal dekat jendela. Begonia alur hijau ini menyukai lingkungan yang lembap, sehingga penyiraman harus dilakukan secara teratur namun tidak berlebihan juga. Siramlah dia hanya ketika media tanam terlihat mengering. Bila disimpan indoor dan sama sekali tidak terkena cahaya matahari, maka minimal perlu dijemur pada matahari pagi setiap dua kali dalam seminggu.

Tanaman hias ini tidak perlu dilakukan prunning (pemangkasan), pemangkasan hanya perlu pada saat daunnya ada yang sudah terlalu tua atau rusak, dan jagalah permukaan media tanam dari dedaunan yang mengering (jatuh) atau gulma agar terhindar dari penyakit.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top