18 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Berdasarkan Riset NASA

Pada tahun 1989, NASA  bekerja sama dengan Associated Landscape Contractors of America dalam upaya untuk menemukan jenis tanaman indoor apa yang dapat membersihkan udara dari racun dan polutan.

Riset dilakukan di stasiun luar angkasa dengan hasil bahwa beberapa tanaman hias indoor dapat menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen sekaligus juga membersihkan racun di udara melalui proses fotosintesis.

Riset ini memang sudah tua yakni 30 tahun yang lalu (pada saat artikel ini diposting). Namun begitu, banyak yang menganggap bahwa riset ini merupakan yang paling komperehensip dan akurat sampai saat ini.

Berdasarkan hasil riset tersebut didapati bahwa tanaman pembersih udara terbaik adalah Florist’s Chrysantemum (krisan/aster) dan Peace Lily (sepatu filum). Kedua tanaman pembersih udara terbaik ini sangat mudah sekali ditemui di Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau.

NASA juga merekomendasikan untuk menanam  atau memiliki tanaman-tanaman pembersih udara ini minimal satu tanaman pada setiap 10 meter persegi.

sumber: lovethegarden.com

Apa Saja Racun dan Polutan Yang Ada di Udara?

Thrichloroethylene

Biasanya ditemukan pada tinta printer, cat, pernis, cat kuku, bahan perekat dan penghapus cat.

Formaldehyde

Biasanya ditemukan pada kantong kertas, kertas lilin, tisu wajah, kertas tisu, serbet meja, papan partikel, panel kayu lapis dan kain sintetis.

Benzene

Bahan untuk membuat plastik, resin, serat sintetis, pelumas karet, pewarna, deterjen, obat-obatan dan pestisida. Dapat ditemukan juga pada asap tembakau, asap knalpot kendaraan, lem, cat dan lilin furnitur.

 Xylene

Biasanya ditemukan pada percetakan, karet, industri kulit dan cat, asap tembakau dan asap knalpot kendaraan.

Ammonia

Biasanya ditemukan pada pembersih kaca jendela, pembersih lantai, inhaler dan pupuk.

sumber: lovethegarden.com

Apa Efeknya Pada Manusia?

Seperti kebanyakan bahan kimia, efek yang bisa merugikan kesehatan tergantung pada beberapa faktor, termasuk seberapa banyak Anda terkena paparan, cara Anda terpapar, durasi dan bentuk bahan kimia. Di bawah ini adalah gejala umum yang terkait dengan masing-masing agen toksik.

Thrichloroethylene

Gejala yang terkait dengan paparan jangka pendek termasuk kegairahan, pusing, sakit kepala, mual dan muntah diikuti oleh kantuk dan koma.

Formaldehyde

Gejala yang terkait dengan paparan jangka pendek termasuk iritasi pada hidung, mulut dan tenggorokan, dan pada kasus yang parah, pembengkakan laring dan paru-paru.

Benzene

Gejala yang terkait dengan paparan jangka pendek termasuk iritasi mata, kantuk, pusing, peningkatan denyut jantung, sakit kepala, kebingungan dan dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan ketidaksadaran.

Xylene

Gejala yang terkait dengan paparan jangka pendek termasuk iritasi pada mulut dan tenggorokan, pusing, sakit kepala, kebingungan, masalah jantung, kerusakan hati dan ginjal dan koma.

Ammonia

Gejala yang terkait dengan paparan jangka pendek termasuk iritasi mata, batuk dan sakit tenggorokan.

sumber: lovethegarden.com

18 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Berdasarkan Riset Nasa

Berikut adalah 18 tanaman pembersih udara terbaik yang diurutkan berdasarkan kemampuan setiap tanaman dan tingkatannya dalam membersihkan racun dan polutan yang ada di udara.

1. Florist’s Chrysanthemum (Chryasanthemum morifolium)

Di Indonesia dikenal dengan nama bunga krisan/aster. Mampu menyerap 5 jenis racun dan polutan yang ada di udara yakni trichloroethylene, formaldehyde, benzene, xylene dan ammonia.

2. Peace Lily (Spathiphyllum ‘Mauna Loa’)

Di Indonesia dikenal dengan nama bunga sepatu film. Sama halnya dengan krisan, bunga ini mampu menyerap 5 jenis racun dan polutan yakni trichloroethylene, formaldehyde, benzene, xylene dan ammonia.

3. Red-Edged Dracaena (Dracaena marginata)

Dikenal juga dengan nama dragon tree atau tanaman tri color (Indonesia), tanaman hias sejenis tumbuhan suji ini mampu menyerap 4 jenis racun dan polutan yakni trichloroethylene, formaldehyde, benzene dan  xylene.

crocus.co.uk

4. Varigated Snake Plant (Sansevieria trifasciata ‘Laurentii’)

Di Indonesia sangat terkenal dengan nama lidah mertua. Sama halnya dengan dragon tree, tanaman ini mampu menyerap 4 jenis racun dan polutan yakni trichloroethylene, formaldehyde, benzene dan xylene.

5. English Ivy (Hedera Helix)

Di Indonesia dikenal dengan nama ivy saja tanpa english. Sama halnya dengan sansevieria dan dragon tree, tanaman yang dapat merambat ini mampu menyerap 4 jenis racun dan polutan yakni trichloroethylene, formaldehyde, benzene dan xylene.

6. Cornstalk Dracaena (Draceaena fragrans ‘Massangeana’)

Dracaena jenis ini mampu menyerap 3 jenis racun dan polutan yakni trichloroethylene, formaldehyde dan benzene.

wayfair.com

7. Barberton Daisy (Gerbera jamesonii)

Di Indonesia dikenal dengan nama bunga gerbera saja atau disebut bunga herbras. Mampu menyerap 3 jenis racun dan polutan yakni trichloroethylene, formaldehyde dan xylene.

8. Broadleaf Lady Palm (Rhapis excelsa)

Di Indonesia dikenal dengan nama palem waregu jari. Mampu menyerap 3 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde, xylene dan ammonia.

epicgardening.com

9. Lilyturf (Liriope spicata)

Di Indonesia dikenal sebagai rumput perbatasan. Mampu menyerap 3 jenis racun dan polutan yakni trichloroethylene, xylene dan ammonia.

10. Flamingo Lily (Anthurium andraeanum)

Di Indonesia dikenal dengan nama bunga anthurium. Mampu menyerap 3 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde, xylene dan ammonia.

11. Devil’s Ivy (Epipremnum aureum)

Dikenal juga dengan nama tanaman pothos, tanaman yang dapat merambat ini mampu menyerap 3 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde, benzene dan xylene.

12. Weeping Fig (Ficus benjamina)

Di Indonesia dikenal dengan nama beringin. Mampu menyerap 2 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde dan xylene.

13. Bamboo Palm (Chamaedorea seifrizii)

Di Indonesia dikenal dengan nama palem bambu. Mampu menyerap 2 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde dan xylene.

waitrosegarden.com

14. Chinese Evergreen (Aglaonema modestum)

Di Indonesia lebih dikenal dengan nama sri rejeki. Mampu menyerap 2 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde dan benzene.

15. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Di Indonesia lebih dikenal dengan nama lili paris. Mampu menyerap 2 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde dan xylene.

16. Kimberley Queen Fern (Nephrolepis obliterata)

Di Indonesia dikenal dengan nama paku pedang. Mampu menyerap 2 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde dan xylene.

bloomscape.com

17. Boston Fern (Nephrolepis exaltata)

Di Indonesia dikenal dengan nama pakis boston. Mampu menyerap 2 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde dan xylene.

18. Dwarf Date Palm (Phoenix robelenii)

Di Indonesia dikenal dengan nama palem phoenix. Mampu menyerap 2 jenis racun dan polutan yakni formaldehyde dan xylene.

18 tanaman hias pembersih udara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top