Jual Tanaman Hias Peperomia Tricolor | WA 082129115607

Kami menjual tanaman hias Peperomia Tricolor atau disebut juga dengan nama teplan merah kalau di Indonesia dengan spesifikasi kurang lebih sebagai berikut:

  • Harga: Rp 15.000.
  • Tinggi tanaman sekitar 10-20cm (tergantung stok)
  • Tanaman dikirim tanpa pot.
  • Berat sekitar: 150 gram.
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 4-5 hari.
  • Rekomendasi ukuran pot duduk diameter 15-21 cm.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman : Indoor – outdoor
  • Tanaman dikirim tidak selalu sama persis dengan gambar dikarenakan perbedaan karakteristik setiap pertumbuhannya (tergantung stok).
Peperomia Tricolor

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini:

Profil Tanaman Hias Peperomia Tricolor

Tanaman hias peperomia tricolor memiliki nama botani yakni peperomia clusiifolia, disebut tricolor karena memiliki perpaduan warna gradasi hijau, gradasi merah dan gradasi kuning berbeda dengan saudaranya yakni peperomia obtusifolia yang hanya memiliki perpaduan 2 warna. Selain tricolor dia disebut juga dengan nama ‘Jellie’ (peperomia clusiifolia jellie).

Dalam bahasa Inggris, mereka disebut dengan red edge peperomia karena ujung daun atau pada tepi sisi daunnya berwarna merah. Tinggi maksimal rata-rata tanaman ini adalah sekitar 15-30 cm sedangkan diameter maksimal rata-rata sekitar 15cm.

Tips Perawatan Peperomia Tricolor

Penempatan

Tanaman ini merupakan tanaman yang kuat, mereka bisa ditempatkan di tempat yang kurang matahari mau pun matahari penuh. Namun kondisi tertentu bisa terjadi, misal bila dia ditempatkan dalam ruangan (indoor) tidak terkena matahari sama sekali warna variegata (tricolor)nya kemungkinan hilang. Bila hal tersebut terjadi, disarankan untuk menyimpannya dekat jendela agar terkena matahari tidak langsung atau sesekali menjemurnya pada matahari pagi.

Bila disimpan pada matahari penuh (di luar ruangan) ternyata warna hijau tuanya menyebar semakin banyak, direkomendasikan untuk memindahkannya ke tempat yang tidak terkena matahari penuh seharian.

Ya, tentunya kondisi di atas tidak akan berlaku di setiap orang, karena setiap orang memiliki kondisi lingkungan dan suhu udara yang berbeda. Bisa jadi di lokasi A mereka cocok ditempatkan full sun, namun di lokasi B dia tidak cocok untuk disimpan full sun.

Media Tanam

Media tanam yang disukai oleh peperomia tricolor ini adalah media tanam yang porous yakni metan yang dapat menyerap air dengan cepat semisal sekam bakar, sekam mentah, metan kemasan (kompos) atau campuran mereka. Jangan menggunakan metan full tanah saja karena metan tanah tidak dapat menyerap air dengan cepat.

Re-potting

Penggantian pot tidak perlu dilakukan untuk tanaman ini bila ukuran pot yang diberikan telah sesuai, hal ini dikarenakan peperomia ini bukanlah tanaman yang terus tumbuh besar juga dikarenakan sistem akarnya kecil. Tambahlah metan setiap kali metannya menyusut. Gunakan pot yang tidak tinggi, rekomendasi pot ideal untuk tanaman ini adalah yang seukuran dengan pot tawon putih 18.

Pemupukkan

Agar tanaman ini mendapatkan nutrisi yang cukup dalam pertumbuhannya, pemupukkan perlu dilakukan maksimal setiap 2 minggu sekali atau minimal 1 bulan sekali. Pupuk yang dapat diberikan bisa semacam pupuk NPK atau ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) atau jenis pupuk lainnya.

Kelembapan

Peperomia tricolor menyukai kelembapan walaupun dia mentoleransi kekeringan, sehingga untuk mendapatkan pertumbuhan terbaiknya dia harus dijaga kelembapannya. Menyiram pada kondisi penempatan dalam ruangan dan luar ruangan akan berbeda intensitasnya. Bila di dalam ruangan mungkin hanya memerlukan penyiraman setiap 1 minggu sekali, di luar ruangan bisa jadi perlu 1 hari atau 2 hari sekali (tergantung kondisi kelembapan).

Jadi sahabat tanam harus bisa melihat kondisi kelembapannya, cara yang paling mudah untuk melihat kondisi kelembapannya adalah dengan cara memasukkan jari telunjuk ke dalam metannya beberapa cm dan rasakanlah sendiri. Bila terasa masih lembap, maka tidak usah dulu disiram, bila terasa mulai mengering, maka itulah waktunya sahabat tanam menyiram si peperomia ini.

Prunning (Pemangkasan)

Pemangkasan pada tanaman ini sebenarnya tidak perlu dilakukan kecuali bila kondisi tanaman ini tumbuh terlalu tinggi dimana bila mereka tumbuh terlalu tinggi, biasanya daunnya jadi kurus maka bentuknya menjadi kurang sedap dipandang. Bila hal ini terjadi, petiklah beberapa batang daun yang paling atas agar dia berhenti tumbuh tinggi.

Dengan cara memetik daun yang paling atas, nantinya daunnya akan menjadi lebih gemuk dan berhenti tumbuh ke atas sehingga membuat mereka terlihat proporsional dan tentunya lebih sedap dipandang.

Propagasi (Perbanyakan)

Cara memperbanyak tanaman hias ini cukup mudah yakni dengan cara stek batang. Berbeda dengan bunga mawar yang harus dilakukan dengan teknik okulasi untuk memperbanyaknya secara efektif.

Sumber referensi:

https://garden.org/plants/view/173696/Red-Edge-Peperomia-Peperomia-tricolor/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top