21 Jenis Aglonema Ternyata Berasal dari Asia dan Kebanyakan dari Indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman hias Aglonema? Ya, bagi para penggemar tanaman hias pasti semuanya tahu atau minimal pernah dengar dengan tanaman indoor yang begitu populer ini. Aglonema atau tanaman yang memiliki tulisan sebenarnya adalah Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias indoor yang begitu populer di dunia.

Tanaman ini begitu populer dikarenakan bentuk daun dan coraknya yang beragam dan indah, serta perawatannya yang mudah dan sangat cocok dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah karena karakteristiknya yang toleran terhadap cahaya yang sedikit.

Aglonema merupakan tanaman hias yang berasal dari keluarga Arum, Araceae. Mereka berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia. Nama lain daripada tanaman ini di barat disebut dengan Chinese Evergreen dan disebut dengan nama Sri Rejeki bila di Indonesia.

Aglaonema merupakan tanaman evergreen perennial atau tanaman yang tumbuh bertahun-tahun, tentunya dengan syarat dirawat dengan baik ya sahabat tanam. Tahukah sahabat tanam, terdapat 21 jenis aglonema asli yang tumbuh di alam (bukan hybrida) ternyata asalnya dari daerah Asia dan negara kita Indonesia adalah penyumbang terbanyak dari jenis-jenis aglaonema ini. Yuk, simak berbagai jenisnya di bawah ini.

21 Jenis Aglonema dan Asalnya

1. Aglaonema Brevispathum

Aglaonema brevispathum atau suka disebut juga dengan nama Homalomena brevispatha merupakan jenis aglonema dengan bentuk daun yang memanjang lanset dan meruncing pada ujung daunnya. Batangnya bercabang tidak beraturan ke kanan-kiri dengan jumlah daun 3 lembar atau lebih dengan warna hijau gelap dihiasi garis putih pada bagian tengahnya yang memanjang.

Tanaman ini habitat aslinya tumbuh di dekat sungai atau di lereng berhutan lebat 500 meter di atas permukaan laut. Pertama kali di  deskripsikan pada tahun 1915 oleh Heinrich Gustav Adolf Engler. Penyebaran tanaman ini aslinya dari Indochina. Indochina adalah negara-negara yang terdiri atas Kamboja, Laos dan Vietnam

Foto: Zach DuFran

2. Aglaonema chermsiriwattanae

Aglonema ini berasal dari semenanjung Thailand.

Foto: tci-thaijo.org

3. Aglaonema cochinchinense

Aglaonema cochinchinense atau disebut juga dengan nama Aglonema cambodianum merupakan jenis aglonema yang memiliki daun oval memanjang dengan warna hijau gelap disertai corak variegata putih. Tanaman hias ini berasal dari Vietnam, Kamboja, Thailand dan Malaysia.

Foto: aroid.org

4. Aglaonema commutatum

Aglaonema commutatum merupakan aglonema yang bentuknya mirip dengan tanaman Dieffenbachia (tanaman daun bahagia kalau di Indonesia). Tingginya bisa mencapai sekitar 51cm dengan daunnya yang tebal berbentuk bulat panjang dan lancip. Warnanya hijau agak gelap dengan variegata silver (bercak keperakan). Tanaman ini berasal dari Filipina dan Sulawesi (Indonesia).

Jenis aglonema ini dapat dipesan dikami ya.

5. Aglaonema cordifolium

Aglaonema ini berasal dari Pulau Mindanao (Filipina).

Foto: plantillustrations.org

6. Aglaonema costatum

Aglaonema costatum merupakan aglonema yang bentuknya mirip juga dengan tanaman Dieffenbachia dengan daunnya yang tebal berbentuk bulat panjang lancip. Tanaman ini disebut juga dengan nama Spotted evergreen karena memiliki corak bintik-bintik putih pada daun yang berwarna hijau gelapnya dengan garis putih pada bagian tengah daunnya. Tanaman hias ini berasal dari Malaysia dan Indochina.

Foto: platnsam.com

7. Aglaonema densinervium

Merupakan jenis aglonema yang berasal dari Filipina dan Sulawesi (Indonesia)

8. Aglaonema flemingianum

Merupakan jenis aglaonema yang memiliki bentuk daun agak oval sedikit memanjang dengan warna hijau agak terang. Tidak memiliki corak, tetapi variasinya adalah serat-serat pada daunnya yang membentuk pola agak melengkung. Tanaman ini berasal dari Trengganu, Malaysia.

Foto: aroidpictures.fr

9. Aglaonema hookerianum

Mirip dengan aglaonema flemingianum dengan bentuk daunnya agak oval dan sedikit memanjang, namun perbedaannya terlihat dari corak yang dimiliki aglonema hookerianum yakni memiliki corak variegata kekuningan.

Foto: earth.com

10. Aglaonema marantifolium

Disebut juga dengan nama Aglaonema novoguineense, Aglaonema oblongifolium, Caladium marantifolium, Calla oblongifolia, Scindapsus erectus. Merupakan jenis aglonema yang memiliki corak daun silver bergaris membentuk pola sabit seperti pada foto di bawah. Tanaman ini berasal dari Maluku dan New Guinea (Indonesia).

Foto: coomons.hortipedia.com

11. Aglaonema modestum

Merupakan tanaman aglonema yang memiliki daun besar, berbentuk tombak, daunnya seperti dilapisi lilin (mengkilap), bergelombang, berwarna hijau agak gelap dengan panjang 20cm dan lebar 10 cm. Tanaman ini berasal dari Bangladesh, Indochina dan Cina bagian selatan.

Foto: plantsrescue.com

12. Aglaonema nebulosum

Merupakan tanaman aglonema yang memiliki bentuk dan rupa daun yang mirip dengan daun pada pohon kopi. Tanaman ini berasal dari Kalimantan, Sumatra (Indonesia) dan Malaysia.

Foto: Yeoh yi shuen

13. Aglaonema nitidum

Merupakan tanaman aglonema yang memiliki bentuk daun dan corak variegata seperti lidah yang menjulur, oleh karenanya di barat tanaman ini disebut juga dengan nama Painted Drop Tongue. Tanaman ini berasal dari Kalimantan, Jawa, Sumatra (Indonesia), Malaysia dan Indochina.

Foto: gardensonline.com

14. Aglaonema ovatum

Merupakan tanaman aglonema yang berasal dari Laos, Thailand dan Vietnam.

Foto: science.mnhn.fr

15. Aglaonema philippinense

Merupakan tanaman aglonema yang memiliki bentuk daun agak kecil memanjang dengan warna hijau didominasi corak variegata silver, disebut juga dengan nama aglaonema latifolium. Tanaman ini berasal dari Filipina dan Sulawesi (Indonesia)

Foto: lifeplusaq.exblog.jp

16. Aglaonema Pictum Tricolor

Merupakan tanaman aglonema yang saat ini sedang naik daun karena corak pada daunnya yang biasanya terdiri atas 3 warna sehingga disebut juga dengan nama Aglaonema Pictum Tricolor. Coraknya mirip dengan seragam tentara (army) yang benar-benar membuatnya sangat cantik sekali. Nama lainnya disebut juga dengan aglaonema pictum f. Concolor dan aglaonema versicolor.

Aglonema pictum tricolor merupakan tumbuhan perdu dengan tinggi batang yang mencapai 60cm berwarna coklat, dengan bentuk daun yang jorong memanjang, warna daun bagian atas memiliki corak (biasanya 3 warna gradasi) tidak beraturan dan tersebar secara acak, sedangkan bagian bawah daun hanya berwarna hijau muda.

Tanaman ini aslinya hanya dari Indonesia yakni dari Pulau Nias dan Sumatra, khusus aglonema ini sahabat tanam bisa pesan dikami ya, coraknya beda-beda bukan seperti pada gambar di atas saja. Silahkan kontak saja kami di Whatsapp (klik link) untuk menanyakan corak mana saja yang sedang ready.

17. Aglaonema pumilum

Merupakan jenis aglonema yang memiliki corak mirip dengan aglonema pictum tricolor, hanya saja coraknya tidak sebanyak atau seacak pictum, aglonema ini disebut juga dengan aglaonema marmoratum, memiliki 2 corak yakni warna daun hijau gelap dihiasi corak silver yang cukup meluas. Sekilas bentuk daun dan coraknya mirip dengan daun monstera variegata yang belum sobek. Tanaman ini berasal dari Thailand dan Myanmar.

Foto: aquafin.jp

18. Aglaonema roebelenii

Aglonema ini sering disebut dengan nama Schismatoglottis, memiliki daun besar dan memanjang dengan warna daun didominasi warna perak dengan corak hijau memanjang tidak rapi di setiap sisi tengah daunnya. Tanaman ini aslinya berasal dari Pulau Luzon di Filipina.

Schismatoglottis ini bisa juga dipesan di kami ya.

19. Aglaonema rotundum

Merupakan jenis aglonema yang pertumbuhannya pendek, biasanya tingginya hanya mencapai 15 cm dengan panjang tangkai daun berkisar 3-7 cm, bentuk daunnya membulat terus melebar seperti tameng dan ujungnya meruncing biasanya dapat mencapai 16cm. Permukaan daun atas berwarna hijau dengan motif garis-garis kemerahan yang sekilas mirip dengan motif pada daun calathea ornata. Sedangkan bagian bawah daunnya berwarna merah maroon. Tanaman ini berasal dari Sumatra Indonesia.

Foto: Florasylum

20. Aglaonema simplex

Merupakan jenis aglonema yang bentuk daun dan bunganya mirip dengan tanaman hias peace lily. Tanaman ini berasal dari Malaysia, China, Indochina, Filipina dan Indonesia.

Foto: commons.wikimedia.org

21. Aglaonema vittatum

Merupakan jenis aglonema yang memiliki daun kecil memanjang berwarna hijau dengan garis putih pada bagian tengah daunnya.

Foto: yamasty.exblog.jp

Banyak juga ya yang dari Indonesia, nah sahabat tanam paling suka yang mana? Warna aglaonema bukan hybrida memang kebanyakan hijau bercorak silver, nah kalau yang jenis hybrida kebanyakan adalah jenis aglonema merah atau pink. Silahkan share dan komentar ya.

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Aglaonema

https://travaldo.blogspot.com/2019/06/aglaonema-brevispathum.html

http://en.hortipedia.com/wiki/Aglaonema_marantifolium

http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-540-aglaonema-pictum-roxb-kunt.html

http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-495-aglaonema-rotundum-n-e-br.html

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top