Bagaimana Cara Menumbuhkan Tanaman Hias Aglonema Di Rumah

Tanaman hias aglonema atau disebut juga dengan nama chinese evergreen dalam bahasa Inggris atau cemara cina bila diartikan bebas ke dalam bahasa Indonesia. Namun, di Indonesia sendiri nama lokal dari tanaman ini lebih populer dengan nama sri rejeki walaupun lebih populer juga dengan nama aglonema (tanpa huruf A di depan huruf L). Ya, tulisan yang benar untuk tanaman ini adalah AGLAONEMA namun mungkin karena sedikit kurang enak di dengar atau agak ribet bilangnya, orang-orang lebih enak menyebutnya dengan tulisan atau sebutan AGLONEMA.

Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat dekoratif dengan berbagai ragam jenis yang sangat menarik dan cocok sekali untuk dijadikan hiasan rumah. Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer di dunia dengan ragam warna atau corak daun dari hijau gelap hingga perak, ada juga yang berwarna merah maupun pink.

Tanaman hias aglaonema merupakan jenis tumbuhan yang pertumbuhannya lambat namun sangat menarik karena bentuk dan corak daun pada umumnya sangat memikat mata. Pada umumnya daunnya berbentuk oval besar, sempit dan mengkilap dengan batangnya yang cukup kuat tapi bukan kayu. Tanaman ini tidak menyukai sinar matahari langsung atau matahari penuh, sehingga mereka sangat cocok untuk dijadikan hiasan dalam ruangan, yang terpenting ruangannya terang dan disimpan dekat jendela adalah yang terbaik.

Apakah Tanaman Hias Aglonema Mudah Dirawat atau Sulit?

Memang kontroversi itu selalu ada, ada yang mengatakan sulit dan ada juga yang mengatakan mudah. Secara umum sebenarnya menanam aglaonema itu mudah terlebih jika kita tahu aturan sederhana yang harus diterapkan dalam merawat tanaman ini.

Semakin cerah corak daunnya, maka semakin banyak cahaya yang dibutuhkannya. Bila sahabat tanam telah mengetahui hal mendasar ini, seharusnya Anda tidak akan memiliki masalah dalam hal penempatan aglaonema sahabat tanam di dalam rumah.

Aglaonema pink dalmation – contoh corak cerah

Kondisi Tumbuh Aglonema

Cahaya

Seperti yang telah disebutkan di atas, semakin cerah coraknya seperti aglonema merah atau pink, maka dia membutuhkan cahaya lebih banyak, namun bila warna hijau gelap mendominasi pada jenis aglaonema yang Anda miliki, maka dia tidak membutuhkan cahaya yang terlalu banyak. Dan syarat utamanya untuk semua jenis tanaman hias aglaonema adalah jangan menyimpannya di bawah sinar matahari langsung.

Aglaonema pictum tricolor – contoh hijau gelap mendominasi

Penyiraman

Penyiraman hanya perlu dilakukan untuk menjaga media tanamnya tetap lembab, yakni hanya disiram ketika media terlihat mengering. Terlebih bila menyimpan tanaman ini di dalam rumah, biasanya media tanam sangat lama mengeringnya. Sebagai perbandingan, saya biasanya menyiram tanaman hias aglonema di dalam rumah berkisar antara setiap 7-10 hari sekali. Tentu hal ini tidak dapat disamakan dengan tempat sahabat tanam mengingat setiap rumah atau daerah memiliki suhu yang berbeda-beda.

Bila tempat Anda suhunya panas, bila media terlihat belum mengering namun daunnya terlihat tidak segar, mereka bisa disemprot dengan embun untuk menjaga kelembapannya.

Suhu

Tanaman ini tidak menyukai angin dingin sehingga bila ditempatkan di balik jendela, pastikan jendela tidak selalu dibuka secara terus menerus atau jauhkan dari tempat yang berangin dingin atau kencang. Tempat yang hangat lebih disukai aglaonema.

Media Tanam

Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah media yang porous yakni media tanam yang cepat meresap air.

Pupuk

Pupuk cair merupakan pupuk yang paling bagus untuk tanaman ini, berikan cukup setiap satu bulan sekali.

Propagasi

Propagasi atau cara memperbanyak tanaman ini sangat mudah sekali. Mereka dapat diperbanyak melalui stek batang, pemisahan anak atau pun dari bijinya.

Repotting

Aglaonema merupakan tanaman yang pertumbuhannya lambat, sehingga repotting atau penggantian pot tidak perlu sering dilakukan, cukup ganti ketika pot sudah tidak cukup menampung besarnya akar, biasanya repotting untuk tanaman aglaonema cukup diganti setahun sekali.

Kesimpulan Tips Menumbuhkan Tanaman Hias Aglonema di Rumah

Kunci untuk bisa menumbuhkan tanaman ini di dalam rumah adalah dengan cara menjaganya tetap lembab namun dengan suhu ruangan yang hangat serta terang. Jika sahabat tanam bisa melakukan hal ini, aglonema Anda akan memberikan hadiah dimana mereka akan tumbuh stabil bertahan lama dan semakin indah dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top