Benarkah Air Rebusan Mie Instan Baik Untuk Tanaman?

Diambil dari berbagai sumber media online, ada cukup banyak postingan artikel yang menyebutkan bahwa air rebusan mie instan baik untuk pertumbuhan tanaman. Dikatakan bahwa air rebusan mie instan memiliki mineral yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhannya.

Jujur, hal ini merupakan baru bagi saya (baru tahu, hehe), oleh karena itu untuk memastikan kebenarannya, saya pun melakukan uji coba kepada salah satu tanaman hias saya.

Uji Coba Air Rebusan Mie Instan Untuk Tanaman

Per tanggal 16 November 2019, saya melakukan uji coba kepada tanaman hias monstera adansonii saya yang kurang sehat (tanaman ini disebut juga dengan nama janda bolong). Air rebusan mie instannya merupakan air rebusan yang tidak berbumbu ya, tentu saya menyiramkan air rebusan ini setelah airnya dingin, bisa bahaya kalau masih panas kan? Hehe.

Update 1 Penyiraman Menggunakan Air Rebusan Mie Instan

Pada tanggal 25 November 2019 (9 hari sejak pertama kali menyiram dengan air mie), kondisi monstera adansoniinya menunjukkan hal yang positif. Dapat dilihat dari munculnya daun baru. Dalam rentang 9 hari ini, saya hanya 3 kali menyiramnya dengan air rebusan mie, selebihnya ketika media tanam terlihat mengering, saya siram dengan air biasa.

Karena saya dan orang yang ada di rumah tidak memasak mie instan setiap hari ya, hehe. Peletakkan si monstera ini saya simpan indoor di dekat jendela sehingga masih terkena matahari tidak langsung terutama dari pagi sampai siang hari.

Update 2 Penyiraman Menggunakan Air Rebusan Mie Instan

Pada tanggal 4 Desember 2019 (9 hari sejak update pertama), kondisi monstera saya ternyata semakin baik saja. Terbukti dengan mekarnya daun yang pada update pertama masih kuncup, kini mekar dengan sangat mulus. Tak hanya itu, bahkan pada daun baru yang sudah mekar terdapat cikal daun baru lagi.

Pada update ke-2 ini (rentang waktu 9 hari dari update pertama), saya memberikan air rebusan mie ini sekitar 2-3 kali saja. Berarti bisa disimpulkan bahwa air rebusan mie instan ini memang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Akan tetapi, ada kekurangannya. Pada update yang ke-2 ini, banyak semut yang berkeliaran di media tanam.

Walaupun semut tidak berbahaya untuk tanaman, namun keberadaannya agak sedikit mengganggu. Nah, jadi bagi sahabat tanam yang ingin mencoba juga melakukan penyiraman tanaman hiasnya dengan air rebusan mie instan, resiko yang bisa saja sama terjadi yakni banyak semut berkeliaran di media tanam.

Update Terakhir

Karena banyak hal yang harus saya kerjakan, akhirnya saya dengan tidak sengaja mengesampingkan uji coba penyiraman dengan menggunakan air rebusan mie instan ini. Setelah update ke 2 hanya sesekali saja saya melakukan penyiraman dengan air mie ini.

Tapi, saya pastikan bahwa penyiraman dengan air rebusan mie ini tidak berbahaya bagi tanaman asalkan kita menyiramkannya dengan air rebusan yang sudah dingin ya. Terkait resiko yang didapat adalah banyaknya semut yang mengerubungi media tanam, ternyata semut dengan sendirinya pergi bila bau amis dari air mie instannya sudah hilang.

Jadi bila hari ini sahabat tanam menyiram tanaman dengan air mie, usahakan besoknya siramlah dengan air biasa agar bau amisnya hilang, dengan begitu semut tidak akan mengerubungi media tanamnya lagi.

Jadi jangan siram pakai air ini tiap hari. Dan agar akar tidak busuk, siramlah tanaman kamu hanya ketika media tanamnya terlihat mengering saja ya. Ini kondisi monstera adansonii yang dijadikan percobaan saya per tanggal 12 Februari 2020, yang awalnya hanya dua daun saja.

Lihat juga versi videonya di bawah ini, pada versi video, sahabat tanam bisa melihat ketika media tanamnya dikerubungi semut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top