Cara Memotong dan Memperbanyak Bunga Gerbera

Tanaman hias gerbera yang memiliki nama botani gerbera jamesonii dan Barberton Daisy dalam bahasa Inggris, serta dikenal juga dengan bunga herbras jika di Indonesia merupakan tanaman berbunga dimana bunganya bisa dijadikan sebagai bunga potong.

Bunga potong maksudnya adalah bunga yang dapat dijadikan sebagai hiasan dalam vas bunga maupun dapat dirangkai sebagai buket bunga. Selain bunga mawar, bunga gerbera biasanya banyak ditemui di toko-toko florist (toko perangkai buket bunga) karena fungsinya yang bisa dijadikan sebagai bunga potong.

Banyak yang bertanya ke saya bagaimana cara memotong bunga gerbera yang benar? Dan banyak juga yang bertanya bagaimana cara memperbanyak bunga gerbera ini? Atas dasar tersebut, saya langsung tuliskan saja lewat artikel ini cara memotong dan memperbanyak bunga gerbera.

Cara Memotong Bunga Gerbera

Bunga gerbera tidak seperti bunga mawar yang bunganya muncul pada tangkai yang ada daunnya, melainkan mereka muncul dari dasar tanamannya dengan tangkai yang tidak berdaun (terpisah dengan daunnya).

Sebenarnya syah-syah saja memotong tangkainya dengan gunting seperti pada foto di atas, namun cara tersebut adalah kurang tepat. Mengapa kurang tepat? Karena bila sahabat tanam memotong mereka dengan cara begitu, maka cikal bunga baru akan muncul agak terlambat.

Hal ini dikarenakan nantinya si cikal bunga baru akan menunggu dulu sisa batang bekas potongan tadi gugur dulu. Nah, proses gugur tersebut memakan waktu karena nanti batangnya akan berubah menjadi coklat dulu sebelum dia bisa copot sendiri.

Kalau begitu baiknya potong dengan gunting dari pangkal dasar tangkainya ya? Yups, cara ini lebih baik daripada menyisakan banyak batang di atas, namun dengan cara menggunting dari pangkalnya pun sebenarnya masih menyisakan sisa batang yang menempel, walaupun lebih baik daripada menyisakan lebih banyak.

Jadi yang paling tepat gimana donk? Okey, yang paling tepat adalah dengan memetiknya pakai tangan, pegang tangkai dari tengahnya lalu miringkan ke arah bawah hingga tangkai terpetik dari pangkal dasarnya banget. Nah dengan begini, tidak ada tangkai yang tersisa sehingga peluang muncul bunga baru bisa lebih cepat. Lebih jelasnya silahkan lihat pada video di bawah ya.

Cara Memperbanyak Bunga Gerbera

Cara propagasi atau memperbanyak tanaman hias ini sangatlah mudah, tanaman ini bisa memperbanyak sendiri. Ya, bila sahabat tanam menanam gerbera dari awalnya satu pohon, jika dirawat dengan baik nanti mereka daunnya akan semakin rimbun.

Dan ternyata semakin rimbunnya daun, itu biasanya karena mereka beranak. Tanaman ini dapat beranak atau memunculkan divisi baru. Sehingga untuk memperbanyaknya sahabat tanam hanya tinggal memisahkan mereka per divisi (per anak).

Untuk memisahkannya, sahabat tanam perlu mengeluarkan mereka dari potnya. Divisi baru pastinya akan jelas terlihat, sehingga sahabat tanam hanya tinggal memisahkan mereka menggunakan tangan atau jika agak sulit bisa dengan mengguntingnya.

Setelah terpisah, langsung saja tanamkan kedalam pot baru menggunakan media tanam kompos atau media tanam sekam bakar atau sekam mentah. Lalu, siram segera setelah mereka tertanam. Kemudian simpan mereka di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

Siramlah hanya ketika media tanam mengering agar akarnya tidak busuk, biasanya setelah 2 minggu mereka akan tumbuh dengan baik karena akarnya sudah cukup banyak. Selama tahap awal ini (2 minggu pertama), sahabat tanam tidak boleh memberikan mereka pupuk kimia karena pada tahapan ini akarnya sedang berjuang beradaptasi pada media tanam baru dan akibat pemisahan dari induknya.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton pada video di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top