Cara Perkembangbiakan Cocor Bebek Dengan Stek Daun

Bagaimana cara perkembangbiakan cocor bebek berbunga alias kalanchoe blossfeldiana? Memperbanyak tanaman ini ternyata sangat mudah dilakukan, mereka dapat diperbanyak melalui teknik stek batang dan juga stek daun. Nah, kali ini saya akan mempraktekkan cara memperbanyak cocor bebek melalui stek daun.

Langkah Pertama

Petik daun cocor bebek yang sudah dewasa dari ujungnya menggunakan tangan atau bisa juga dengan cara memakai gunting atau pisau.

Langkah Kedua

Simpan daun-daun tersebut dalam ruangan yang tidak terkena matahari dan diamkan selama tiga hari dengan kondisi tergeletak. Ini bermanfaat agar kandungan air yang terdapat pada daunnya berkurang sehingga meminimalisir tingkat kegagalan perkembangbiakan cocor bebek dengan cara stek daun.

Langkah Ketiga

Siapkan media tanam, media tanam yang saya rekomendasikan untuk menanam cocor bebek dari daun adalah sekam bakar atau cocopeat halus atau media tanam jadi dalam kemasan yang biasanya terdiri atas campuran sekam bakar, cocopeat dan kompos. Nah, pada praktek kali ini saya hanya memakai sekam bakar saja.

Langkah Keempat

Basahkan terlebih dahulu media tanam yang sudah kita siapkan dengan cara disemprot-semprot saja supaya permukaannya agak basah. Tancapkan daun-daun cocor bebek yang sudah tiga hari didiamkan tadi ke dalam media tanam yang sudah kita siapkan.

Langkah Kelima

Simpan pot yang telah diisi stekan daun cocor bebek tadi di tempat yang tidak terkena matahari langsung atau di tempat yang relatif agak teduh. Siramlah daun-daun tersebut hanya untuk menjaga kelembaban permukaan media tanamnya saja. Kalau saya hanya menyemprot-nyemprotkan air embun di atasnya.

Jangan menyiram terlalu banyak, jangan membuat media tanamnya menjadi becek. Sebagai referensi, saya hanya menyiramnya setiap 2-3 hari sekali. Di tempat sahabat tanam mungkin bisa berbeda, yang penting hanya menjaga kelembabannya saja.

Langkah Keenam

Tunggulah sekitar 2-4 minggu, biasanya akar akan tumbuh di bawahnya. Bila akar sudah tumbuh, sahabat tanam bisa memindahkan mereka ke pot lainnya untuk dipisahkan. Atau tunggu lagi hingga ada tunas yang tumbuh dari daunnya.

Mudah sekali bukan? Yang penting kita sabar saja, karena pertumbuhan tanaman hias ini cukup lambat. Untuk lebih jelasnya, silahkan ditonton pada video berikut:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top