Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman dari keluarga sukulen yang memiliki karakter tangguh sehingga merawatnya pun sebenarnya sangat mudah. Selain itu seperti sudah banyak orang tahu, tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat.

Berbagai manfaat yang bisa diambil dari lidah buaya diantaranya dapat melembabkan kulit, mempercepat penyembuhan luka gores atau pun terbakar, dapat menghaluskan kulit, menghilangkan bintik hitam atau flek di wajah, membuat rambut lebih sehat, mencegah penuaan dini pada kulit, dapat membantu meredakan radang dan gatal dan masih banyak lagi.

Profil Tanaman Lidah Buaya                

Lidah buaya yang memiliki nama botani Aloe Vera adalah tanaman tanpa batang atau batangnya sangat pendek sehingga daunnya muncul langsung dengan warna hijau tebal berdaging (berisi gel). Daunnya bergerigi seperti gigi kecil.

Tanaman ini adalah tanaman evergreen perennial atau tumbuhan yang tumbuh hijau sepanjang tahun dan dapat hidup bertahun-tahun (minimal 2 tahun) bila dirawat dengan baik. Tanaman ini berasal dari daerah Arab.

Lidah buaya memang terkenal dengan manfaatnya, namun masih jarang yang menanam tanaman ini sebagai tanaman hias, padahal tanaman ini cocok juga dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan (indoor) dengan warna hijaunya yang cerah, mereka sangat cocok disimpan pada sebuah meja atau sudut dapur rumah dekat jendela.

Tanaman ini merupakan tanaman pembersih udara juga karena dapat menyerap dua polutan atau racun yang ada di udara yakni formaldehyde dan benzene. Bila disimpan dalam ruangan kemudian memunculkan bintik-bintik coklat pada permukaan daunnya, itu artinya kadar polutan dalam ruangan tersebut tinggi.

Tips Perawatan Lidah Buaya

Aloe vera adalah tumbuhan tangguh karena dapat ditanam di luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor). Hanya saja bila suhunya terlalu panas bila disimpan outdoor, kadang daunnya bisa menguning sehingga sahabat tanam perlu memindahkannya ke dalam rumah atau di halaman rumah (terkena matahari parsial atau tidak langsung).

Segera petik dan buang bila ada daun yang menguning atau pun terdapat bintik kecoklatan agar pertumbuhan daun baru lebih cepat tumbuh kembali.

Kebutuhan Cahaya

Walaupun tanaman ini tangguh, namun kondisi paling ideal yang mereka sukai terkait keperluan cahayanya adalah cahaya tidak langsung. Jadi mereka paling cocok disimpan di ruangan yang terang dan terkena matahari tidak langsung seperti di dekat jendela

Bila di ruangan yang rendah cahaya (terlalu gelap) mereka akan tumbuh leggy (berkaki panjang) atau tumbuh gemulai tidak kokoh.

Penyiraman

Sama halnya dengan kaktus dan keluarga sukulen lainnya, penyiraman lidah buaya tidak boleh terlalu sering. Siramlah mereka dengan banyak ketika menyiram, namun siram dengan jarang, siram lagi hanya ketika medianya mulai mengering yakni ketika kedalaman media tanam mengering dari permukaannya sekitar 5cm.

Pastikan pot yang digunakan memiliki lubang drainase, karena mereka tidak suka bila terendam dengan air karena akan mengakibatkan akarnya busuk.

Media Tanam

Sama halnya dengan kaktus dan keluarga sukulen lainnya, media tanam yang paling disukai lidah buaya adalah pasir kasar, namun bila tidak ada, sekam bakar atau sekam mentah pun boleh digunakan.

Pemupukkan

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang ideal, tanaman hias ini perlu diberikan pupuk semisal NPK cukup satu bulan sekali atau pupuk cair yang mudah diserap. Ingat, cukup satu bulan sekali dan tidak perlu lebih dari itu.

Repotting

Pergantian pot hanya perlu dilakukan ketika akarnya sudah terlalu banyak sehingga pot sudah tidak dapat menampung lagi banyaknya akar.

Propagasi

Cara propagasi atau memperbanyak tumbuhan ini sangat mudah sekali, mereka dapat memperbanyak dirinya sendiri dengan cara beranak, sehingga sahabat tanam hanya perlu memisahkan anak dari induknya pada pot baru.

Referensi:

https://www.alodokter.com/berbagai-manfaat-lidah-buaya-untuk-wajah

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/10-tanaman-pembersih-udara-dalam-ruangan/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top