Perkuat Imun Tubuh Dengan Tanaman Rosemary

Tahukah Anda bahwa tanaman yang memiliki nama latin rosemarinus officinalis ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan manusia? Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan kawasan Mediterania ini memang sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal atau tanaman obat. Dengan bau wanginya yang sangat kuat, rosemary sering dijadikan bumbu rempah pada masakan Eropa dan juga sebagai garnish(hiasan makanan).

Rosemary adalah anggota dari keluarga mint Lamiaceae bersama dengan beberapa tanaman rempah lainnya seperti oregano, thyme, basil dan lavender. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari rosemary untuk kesehatan. Banyak kandungan senyawa tanaman dari rosemary termasuk di dalamnya adalah oleanolic acid. Oleanolic acid merupakan kandungan senyawa yang memiliki aktivitas antivirus yang dapat melawan virus herpes, HIV, Influenza dan hepatitis A.

Baca juga: Tanaman Yang Memiliki Aktivitas Antivirus

Selain itu, tanaman ini merupakan sumber zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6 sehingga memiliki manfaat seperti berikut:

  • Sebagai penguat memori (daya ingat)
  • Meningkatkan mood dan menghilangkan stress
  • Berpotensi sebagai antibakteri khususnya yang ada di perut
  • Obat sakit perut, sembelit, kembung, diare dan segala sesuatu penyakit perut lainnya.
  • Melegakan atau menyegarkan pernapasan
  • Melancarkan peredaran aliran darah
  • Pereda sakit seperti sakit kepala dan sakit karena suatu kondisi
  • Mendetoksifikasi tubuh
  • Membuat kulit sehat
  • Menambah imunitas tubuh, dll.

Manfaat tanaman rosemary untuk kesehatan sangat banyak sekali dan juga kompleks, namun pada artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai imunitas tubuh. Saya tergerak ingin menulis tentang imunitas tubuh dikarenakan kondisi di Negara Indonesia dan juga seluruh dunia yang sedang mengalami pandemi virus corona (covid-19).

Dimana seperti kita ketahui, virus ini sangat cepat menyebar dan bagi orang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah, virus ini akan sangat berbahaya hingga dapat mengakibatkan kematian. Berbeda dengan orang yang memiliki imunitas tubuh yang tinggi, bila terkena virus ini kemungkinan dia akan sembuh sendiri karena sistem imun dalam tubuhnya dapat menang melawan virus ini.

Memang banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh kita seperti istirahat yang cukup, rajin berolahraga, selalu bahagia (tidak stress) dan makan-makanan yang bergizi. Nah, rosemary ini termasuk kedalam makanan bergizi karena selain bisa dijadikan sebagai aroma terapi karena baunya yang khas baik itu dengan cara dicium langsung dari tanamannya atau diekstrak terlebih dahulu untuk dijadikan minyak, tanaman ini dapat dijadikan bumbu masakan atau pun dibuat menjadi minuman teh sehingga selain dijadikan tanaman hias, rosemary dapat dijadikan alternatif untuk memperkuat sistem imun kita.

Alasan Rosemary Dapat Memperkuat Imunitas

Tanaman rosemary memiliki efek farmakologi salah satunya adalah sebagai imunomodulator. Imunomodulator adalah salah satu kandungan senyawa yang bisa meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Rosemary adalah sumber yang kaya antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, yang dianggap dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

Memiliki juga anti-karsinogenik dimana karsinogenik ini adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker atau berbagai penyakit lain dan patogen yang dapat mengancam sistem kekebalan atau merusak integritas tubuh.

Di luar negeri yang memiliki musim dingin, daun rosemary segar sering digunakan untuk terapi dalam meningkatkan kekebalan tubuh selama musim tersebut.

Cara Mengkonsumsi Rosemary

Bila dimakan mentah langsung, rasa dari daun rosemary adalah agak pahit walaupun aromanya sangat menyegarkan. Sehingga cara untuk mengkonsumsi tanaman ini sebaiknya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan, seperti sup, casserole, salad, dan semur. Bila sahabat tanam suka memasak, mungkin sahabat tanam dapat mengkreasikannya secara lebih.

Sebelum digunakan sebagai bumbu masakan, bilas tangkai rosemary segar di bawah air mengalir lalu keringkan. Resep masakan biasanya membutuhkan daun utuh tanpa batangnya, untuk mendapatkan daunnya saja Anda tinggal menarik semua daun dari batangnya menggunakan tangan, maka dengan mudah daunnya akan rontok (terpisahkan dari batangnya).

Bisa juga dijadikan sebagai minuman yakni dibuat menjadi teh. Ambil beberapa batang rosemary, bilas di bawah air mengalir lalu keringkan terlebih dahulu. Pisahkan daunnya saja sebanyak satu sendok teh jika ingin membuat satu gelas teh rosemary. Masak satu gelas air putih hingga mendidih, setelah mendidih tuangkan kedalam gelas atau cangkir. Lalu masukkan satu sendok teh rosemary segar tadi ke dalam air tersebut. Tutup gelas atau cangkirnya dan tunggu sekitar 5-10 menit. Setelah itu saring airnya dan teh rosemary siap untuk diminum. Tambahkan madu atau perasan jeruk lemon atau sesuai selera agar rasanya lebih nikmat.

Sahabat tanam dapat mengkonsumsi teh rosemary untuk memperkuat imun tubuh sebanyak 1 sampai 2 kali sehari bila takaran minumnya per gelas 250ml. Jika Anda menyukai rasanya, mohon diingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Bila berlebihan rosemary memiliki efek samping diantaranya dapat menyebabkan iritasi lambung, usus dan kerusakan ginjal, kejang, keracunan, koma, muntah, kelebihan cairan di paru-paru dan menyebabkan keguguran.

Referensi:

Impressive benefits of Rosemary you did not know

The Health Benefits of Rosemary

Rosmarinus officinalis L. (rosemary) as therapeutic and prophylactic agent

6 Benefits and Uses of Rosemary Tea

Rosemary

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top