Tanaman Pembersih Udara Ficus Benjamina | WA 082129115607

Kami menjual tanaman pembersih udara ficus benjamina atau di Indonesia disebut dengan nama pohon beringin dan dalam bahasa Inggris disebut weeping fig. Beringin yang kami miliki adalah beringin putih atau beringin variegata. Adapun spesifikasi tanamannya kurang lebih sebagai berikut:

  • Harga: Rp 25.000 (dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya).
  • Tinggi tanaman sekitar 20-30cm (tergantung stok).
  • Tanaman dikirim tanpa pot, kecuali pemesanan via grab/gosend bisa kirim dengan pot hitam gratis! (konfirmasikan bila ingin dikirim dengan pot)
  • Berat sekitar: 150 gram (bila kirim tanpa pot).
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 4-5 hari.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman: Indoor atau outdoor
  • Tanaman dikirim tidak selalu persis dengan gambar (tergantung stok)

Ficus benjamina merupakan salah satu tanaman pembersih udara terbaik versi NASA. Berdasarkan riset NASA, tumbuhan ini mampu menyerap dua jenis racun dan polutan yang ada di udara yakni xylene dan formaldehyde.

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini jika kirim tanpa pot:

Profil Tanaman Hias Ficus Benjamina

Tanaman hias beringin putih merupakan tanaman tangguh karena dapat disimpan baik itu di dalam ruangan (indoor) maupun di  luar ruangan (outdoor). Walaupun tumbuhan ini tangguh, tetapi bila sahabat tanam dapat merawatnya dalam kondisi ideal, maka dia akan tumbuh lebih cantik. Beringin putih variegata cocok untuk dijadikan tanaman penghias sudut ruangan dalam pot duduk atau pun di tanam langsung di depan halaman rumah kamu.  

Warna daunnya berwarna perpaduan hijau dan putih dengan corak khas daun variegata. Daunnya tumbuh banyak kecil-kecil bergerombol dengan batang kayu yang kuat. Tak heran kadang tanaman ini suka dijadikan juga tanaman bonsai.

Beringin variegata ini dapat tumbuh tinggi hingga sekitar 3 meter bila disimpan indoor (dalam pot) dan dapat tumbuh hingga sekitar 30 meter bila ditanam di luar ruangan dengan penanaman langsung di tanah.

Tips Perawatan Ficus Benjamina

Pohon ini mudah sekali dirawat dan toleran untuk dijadikan tanaman hias indoor maupun tanaman hias outdoor. Walaupun begitu, tetap ada kondisi perawatan ideal agar tumbuhan yang berwarna hijau putih ini tetap sempurna cantiknya.

Kebutuhan Cahaya

Weeping fig memang bisa disimpan di luar rumah dan terkena matahari langsung, juga dapat disimpan di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang rendah. Namun yang paling ideal, pohon ini lebih menyukai tempat yang terang dan tidak terus menerus kena matahari langsung, sehingga bila ditanam diluar rumah, yang paling ideal adalah dia lebih suka di simpan di bawah matahari parsial (sinar matahari yang agak terhalang misal oleh pepohonan lain dan sebagainya)

Bila simpan di dalam rumah, yang paling ideal adalah di samping jendela dimana matahari masih masuk menerobos jendela dan menyinari pohon ini.

Penyiraman

Pohon beringin putih ini hanya perlu disiram ketika media tanam bagian atasnya mengering dan jangan diberi air terlalu banyak ketika melakukan penyiraman. Bila di rumah sahabat tanam udaranya kering, daunnya boleh di semprot sesekali dengan air kabut agar tetap segar.

Media Tanam

Media tanam yang disukai ficus benjamina adalah media tanam yang cukup porous seperti campuran tanah, sekam bakar, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Pemupukkan

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang ideal, tanaman hias ini perlu diberikan pupuk semisal NPK cukup satu bulan sekali atau pupuk cair yang mudah diserap.

Repotting

Pohon ini tumbuh dengan lambat, sehingga pergantian pot hanya perlu dilakukan sekitar 2-3 tahun sekali atau setiap kali potnya terlalu kekecilan dengan ukuran pohonnya.

Propagasi

Cara propagasi atau memperbanyak pohon ini dapat dilakukan dengan cara stek batang langsung tanam pada media tanam. Simpan di tempat yang tidak terkena matahari langsung dengan penyiraman hanya ketika media bagian atas terlihat mengering. Bisa juga dengan cara water propagation, yakni hasil stek disimpan dalam gelas berair, simpan di tempat yang tidak terkena matahari langsung, gantilah airnya setiap seminggu sekali atau setiap airnya terlihat mengeruh. Bila akar sudah keluar cukup banyak, bisa pindah ke media tanam.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top