Ini Dia 20 Jenis Aglonema Paling Favorit Untuk Tanaman Hias

Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang masuk kategori wisma sari dengan nilai tinggi. Di mana tanaman ini memiliki nilai estetika yang dilihat dari komposisi warna daunnya.

Tanaman hias ini juga merupakan tanaman tahunan yang bisa tumbuh di ruangan tanpa sinar matahari langsung. Selain sebagai tanaman hias, tanaman yang juga sering disebut dengan julukan ‘Sri Rejeki’ ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman yang bisa dikonteskan dari segi kecantikannya.

Tak hanya itu, sebagai ladang bisnis pun juga bisa diandalkan karena memiliki nilai rupiah yang cukup tinggi. Lalu, jenis aglaonema mana saja sih yang bisa Anda pilih sebagai tanaman hias terbaik? Yuk simak jenis-jenis aglaonema berikut ini:

Jenis Aglaonema

Bunga sri rejeki alias tanaman aglaonema ini memiliki banyak jenis/varian. Kita bisa membedakan berbagai jenis aglaonema dengan melihat corak dan warna pada daunnya.

Namun ada juga yang merupakan hasil perkawinan antar jenis aglaonema yang menciptkan jenis aglaonema baru. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis aglaonema mahal dan diminati di Indonesia:

a. Aglaonema Merah

Salah satu jenis aglonema yang sangat populer adalah aglonema merah yang rilis pada tahun 1993. Sejak rilis hingga sekarang, tanaman ini memiliki harga yang tidak murah.

Jenis aglaonema merah ini merupakan jenis aglaonema mahal yang bisa Anda pilih. Jenis aglonema ini memiliki tampilan kokoh dan paduan warna daun merah mencolok. Daunnya berbentuk elips memanjang dan kompak, menjadikan aglonema merah ini tampak begitu anggun.

b. Aglonema Lipstik

Dijuluki sebagai aglonema lipstik karena memiliki daun dengan pinggiran yang berwarna merah seperti warna lipstik. Dengan daun berwarna merah mencolok dan hijau yang mengkilap ini membuat tanaman ini dibanderol dengan harga Rp 25.000,-.

Tanaman hias ini sangat unik, dan terkenal dengan warna daunnya yang merona. Anda bisa memilih aglonema lipstik ini jika menyukai warna-warna aglonema yang cerah dan berwarna-warni.

c. Aglonema Bidadari

Aglaonema bidadari merupakan salah satu jenis tanaman aglonema hybrid dari Thailand. Ciri aglonema bidadari adalah warna daunnya yang cantik dari hasil perpaduan berbagai warna seperti kuning, merah muda, dan hijau.

Perpaduan warna tersebutlah yang membuat tanaman ini mendapat julukan sebagai tanaman aglaonema bidadari. Anda bisa memilih aglonema bidadari ini agar tampilan rumah Anda tampak lebih cerah dan berwarna.

d. Aglonema Legacy

Ciri khas dari aglonema legacy adalah warna daun yang hijau dan dikombinasi dengan warna kuning. Selain itu juga terdapat bercak hitam yang merata di permukaan daun sebagai pelengkap kecantikan daun aglonema legacy.

Bentuknya yang bulat namun meruncing ini dibatasi oleh tulang daun berwarna merah lembut. Pilihlah aglonema legacy ini untuk menampilkan kesan elegan di rumah Anda.

e. Aglonema Kocin

Aglonema kocin adalah salah satu jenis aglonema yang memiliki warna merah lembut bahkan lebih lembut daripada Aglonema Red Kocin. Tanaman ini masih berada di family Araceae yang berasal dari daerah tropis dan subtropis seperti Asia dan New Guinea.

Dengan sentuhan hijau di tepi daunnya, membuat aglonema jenis ini dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu Rp 85.000,-. Namun, meski termasuk jenis aglaonema mahal, Anda tetap harus memiliki jenis aglonema kocin ini untuk koleksi jenis aglonema milik Anda.

f. Aglonema Tiara

Tak kalah dengan Aglonema lainnya, bahwa jenis aglonema Tiara sering memenangkan kejuaraan kecantikan tanaman hias aglonema. Pertumbuhan yang sangat cepat dan mudah bertunas membuat jenis aglonema ini sering dibudidayakan oleh para pecinta tanaman.

Aglonema tiara memiliki keunggulan pada tatanan bentuk daunnya. Bentuk pertumbuhan daun aglonema tiara ini sangat rapi, tersusun dan elegant.

g. Aglonema Kanza

Jenis tanaman aglonema ini mulai populer di tahun 2018, yang mana jenis aglonema ini berdaun tebal, dengan batang yang kokoh, dan warna merah muda yang mencolok di bagian pinggir daun.

Bisa dibilang jenis tanaman hias aglonema ini merupakan jenis aglonema yang sangat mahal dan langka. Aglonema kanza ini dapat dijual dengan kisaran harga di atas 700 ribu rupiah jika sudah bertumbuh secara sempurna.

h. Aglonema Suksom dan Suksom Jaipong

Aglonema Suksom Jaipong atau lebih dikenal dengan Super Red, karena memiliki warna merah yang benar-benar menyala. Merah yang mencolok ini membuat daun tanaman hias ini tampak seperti plastik.

Nilai estetika pada daunnya ini membuat tanaman hias jenis ini sangat mahal harganya, yang mana sering ditemukan di negeri China. Aglonema suksom dan suksom jaipong ini merupakan salah satu jenis aglonema yang eksklusif dan diminati banyak pecinta tanaman hias

i. Aglonema Widuri

Aglonema Widuri ini merupakan jenis aglonema yang kebanyakan bibitnya berasal dari stek batang dalam metode penanamannya. Umumnya, jenis ini diletakkan pada ruang yang memiliki suhu sedang, tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas.

Selain itu, jenis ini juga butuh pelindung dari sinar matahari langsung. Oleh sebab itulah, aglonema widuri banyak dipilih untuk hiasan didalam rumah.

j. Aglonema Moonlight

Ciri khas aglonema moonlight adalah ukuran daun yang besar dan lebar. Dengan warna hijau lembut dan goresan merah jambu membuat daun aglonema ini terlihat manis pada tulang daunnya.

Keunggulan dari aglonema moonlight ini adalah pada daunnya. Daunnya berwarna glossy mengkilap, sehingga diberi nama moonlight alias pancaran sinar rembulan.

k. Aglonema Stardust

Jenis aglonema Stardust ini sempat menjadi aglonema terpopuler di antara jenis aglonema lainnya. Karena jenis ini memiliki warna yang sangat cantik.

Tanaman ini direkomendasikan untuk diberi pelindung dari sinar matahari langsung agar tidak merusak kecantikan pada daunnya. Juga disarankan menggunakan pot dengan diameter antara 20 sampai 30 cm untuk menjaga daunnya tidak rusak.

l. Aglonema Big Roy

Seperti namanya, bahwa jenis aglonema Big Roy ini memiliki daun yang besar dan meruncing. Bisa dikatakan aglonema big roy ini memiliki daun yang paling besar di antara jenis aglonema lainnya. Dengan warna merah muda dan hijau yang dominan membuat tanaman hias ini sangat cantik untuk dijadikan perhiasan rumah di berbagai sudut ruangan. Aglonema big roy ini bisa memiliki daun lebih besar dan tebal jika Anda menggunakan pupuk organik.

m. Aglonema Wulandari

Aglonema Wulandari hampir mirip dengan Aglonema Big Roy dari segi warnanya. Namun, bentuk daun pada Wulandari ini lebih bulat dan lebih kecil.

Sangat cocok untuk hiasan di sudut ruangan atau di dalam rumah karena bentuk dan ukurannya yang minimalis. Juga sangat cocok dijadikan hiasan di atas meja bagi para pecinta tanaman hias.

n. Aglonema Rotondum

Berbeda dengan jenis aglonema lainnya, Aglonema Rotundum ini lebih dominan dengan warna hijaunya. Bahkan tidak ada warna lain selain warna hijau.

 Hanya pada tulang daunnya saja yang berwarna merah muda sebagai pembatasnya, itupun hanya dijumpai pada aglonema yang sudah berumur cukup tua. Jika masih muda, jenis aglonema ini masih memiliki tulang daun hijau muda.

o. Aglonema Adelia

Diberi nama aglonema Adelia, karena jenis tanaman hias ini ditemukan oleh seorang kolektor tanaman hias di Milan yang bernama Adelia.

Jenis aglonema Adelia ini merupakan hasil perkawinan silang dari dua jenis aglonema. Warna dari aglonema adelia ini didominasi oleh warna merah muda yang dihiasi dengan bercak hijau.

p. Aglonema Heng-Heng

Ciri khas jenis aglonema Heng-Heng ini memiliki bentuk daun yang tidak beraturan. Namun di sinilah keunikan dari jenis aglonema Heng-Heng karena paling beda dari jenis aglonema lainnya.

Tak hanya bentuk, bahkan warna daun aglonema jenis ini pun juga tak beraturan, kadang merah, kadang hijau, kadang dominan kuning. Anda bisa mendapatkan sensasi yang berbeda jika membudidayakan aglonema jenis heng-heng ini. Karena selalu ada kejutan disetiap individunya.

q. Aglonema Commutatum

Untuk jenis aglonema Commutatum lebih dominan memiliki warna hijau pada daunnya. Namun keunikan dari jenis aglonema ini adalah daunnya yang tumbuh rimbun dan lebih lebat dari jenis aglonema lainnya.

Jenis aglonema commutatum ini bisa Anda pilih jika menginginkan suasana rumah yang sejuk dan ramah lingkungan. Utamanya karena aglonema commutatum ini cepat tumbuh.

r. Aglonema Venus

Memiliki nama Venus, karena daun pada aglonema venus ini memiliki warna seperti Planet Venus, yaitu lebih dominan pada oranye. Dengan kombinasi warna hijau bercak membuat daun aglonema jenis ini menjadi penghias rumah yang indah dan cantik.

Tentu saja, sangat jarang ada jenis tanaman yang berwarna orange kan? Oleh sebab itu, aglonema venus bisa menjadi pilihan terbaik untuk memiliki tanaman hias yang berwarna unik.

s. Aglonema Hijau

Jenis Aglonema hijau masih mirip dengan aglonema Commutatum, yaitu warna hijau yang dominan bahkan hampir terlihat hanya warna hijaunya saja. Aglonema hijau ini tampak begitu sederhana namun menyejukkan. Anda bisa memilih jenis aglonema hijau untuk memberikan kesan greeny pada hunian Anda.

t. Aglonema Hot Lady

Nama yang unik, yaitu aglonema hot lady ini terinspirasi dari bentuk kecantikan daunnya yang hampir sempurna sebagai daun. Tentu saja, aglonema hot lady ini menjadi incaran para pencinta tanaman hias karena bentukan daunnya yang indah.

Nah, itulah 20 jenis aglonema paling favorit untuk tanaman hias. Jadi, jenis aglonema mana yang akan Anda pilih? Jangan lupa untuk merawat dengan penuh kasih sayang ya, cek disini untuk lebih tau harga aglaonema selengkapnya .

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top