Tanaman Pembersih Udara Golden Pothos | WA 082129115607

Kami menjual tanaman pembersih udara Golden Pothos atau dikenal juga dengan nama Devil’s Ivy. Di Indonesia kadang tanaman ini sering disebut sirih gading atau sri gading. Sedangkan nama botaninya adalah Epipremnum Aureum. Adapun spesifikasi tanaman yang kami jual ini kurang lebih sebagai berikut:

  • Panjang tanaman sekitar 30 cm (tergantung stok).
  • Tanaman dikirim tanpa pot kecuali pemesanan via Gosend/Grab bisa dikirim dengan pot hitam gratis, bila ingin pakai pot putih ada biaya tambahan.
  • Berat tanpa pot: sekitar 300 gram.
  • Produk tahan diperjalanan sekitar 3-5 hari.
  • Iklim pertumbuhan: dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Kategori tanaman: Indoor bisa outdoor bisa.
  • Tanaman dikirim tidak selalu sama persis dengan gambar (tergantung stok).

Golden pothos merupakan salah satu tanaman pembersih udara terbaik versi NASA. Berdasarkan riset NASA, tumbuhan ini mampu menyerap tiga jenis racun dan polutan yang ada di udara yakni benzene, xylene dan formaldehyde.

Pemesanan dapat dilakukan via berikut (klik link):

Whatsapp / Shopee / Tokopedia / Bukalapak / Instagram

Pengemasan paket dilakukan seperti video di bawah ini:

Profil Tanaman Hias Golden Pothos

Golden pothos merupakan tanaman hias merambat dari keluarga arum araceae yang aslinya berasal dari Mo’orea di Pulau Masyarakat Polinesia Perancis. Tanaman ini telah populer menjadi tanaman hias dikarenakan warnanya yang cantik yakni hijau dengan corak variegata kuning pada daun yang berbentuk menyerupai hati.

Tanaman ini disebut dengan nama Devil’s Ivy dikarenakan karakternya yang tangguh, mereka termasuk tanaman yang disebut hard to kill plant (tidak mudah mati), mereka juga tetap berwarna hijau walaupun di simpan di tempat yang gelap sekalipun. Sehingga tanaman ini sangat cocok sekali untuk menghias ruangan dalam rumah sahabat tanam bahkan di kamar mandi yang minim pencahayaan.

Jika kamu sering bermalas-malasan untuk menyiram tanaman, maka tanaman hias golden pothos adalah tanaman yang cocok buat kamu karena ketangguhannya. Mereka lebih toleran kekeringan daripada terlalu sering kebasahan.

Tips Perawatan Golden Pothos

Golden pothos walaupun tanaman merambat, namun mereka tidak dapat merambat di teralis atau pun tembok dengan sendirinya. Mereka harus kita lilitkan sendiri (dibantu) untuk dapat melilit di pagar atau teralis sehingga nantinya terus merambat pada media yang kita inginkan. Jika ingin membuatnya merambat di tembok, maka sahabat tanam harus memakunya dengan paku kail atau paku kabel yang ada cepetannya di setiap batang yang menjalarnya.

Tanaman ini bukan hanya tangguh terhadap segala kondisi saja, namun mereka juga sangat jarang terkena hama. Satu-satunya hama yang bisa hinggap adalah kutu putih yang bisa dengan mudah dibasmi menggunakan sabun insektisida.

Kebutuhan Cahaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanaman ini merupakan tanaman yang tangguh karena mereka toleran terhadap kegelapan maupun cahaya matahari langsung. Akan tetapi, kebutuhan cahaya yang paling ideal untuk tanaman ini adalah sinar matahari tidak langsung.

Mereka lebih menyukai tempat yang terang namun tidak terkena matahari langsung. Bila disimpan outdoor, mereka lebih menyukai disimpan di tempat yang terkena matahari parsial (sinar mataharinya masih terhalang-halang oleh benda lain).

Bila terlalu teduh, warna variegata kuning biasanya memudar namun akan kembali bila mendapatkan lagi sinar matahari yang cukup, sedangkan bila terlalu kepanasan, warna daun biasanya menjadi agak pucat atau kurang segar.

Penyiraman

Golden pothos lebih menyukai disiram ketika media tanamnya benar-benar kering, bila dibiarkan selalu lembab media tanamnya, akarnya akan busuk dan daunnya menimbulkan bintik-bintik hitam. Namun jangan dibiarkan media tanamnya terlalu lama kering juga karena bila terlalu lama, daunnya akan mengering dan ujung daunnya menjadi coklat.

Walaupun begitu mereka sangat menyukai ruangan dengan tingkat kelembaban yang tinggi, jadi lebih baik sering di misting (semprot air) pada bagian daunnya jika kamu menyimpannya di tempat yang kurang lembab.

Media Tanam

Hampir semua jenis media tanam dapat dipakai untuk tanaman merambat ini asalkan karakternya porous (dapat menyerap air lebih cepat). Namun, sebagai rekomendasi media tanam kompos akan lebih bagus karena nutrisinya cukup lengkap untuk membantu pertumbuhannya secara maksimal.

Mereka juga dapat ditanam pada media air saja, sehingga sahabat tanam dapat menghiasi vas bunga dengan tanaman ini. Gantilah air setiap airnya mengeruh agar mereka dapat tumbuh baik pada media tanam air.

Pemupukkan

Pemupukkan tidak terlalu perlu untuk tanaman ini, namun untuk tetap memberikan nutrisi yang baik mereka hanya perlu diberi pupuk setiap satu bulan sekali saja.

Repotting

Golden pothos hanya perlu diganti potnya ke yang lebih besar bila akarnya sudah penuh di dalam pot. Tanda bila akarnya sudah penuh di dalam pot, biasanya daunnya terus layu walaupun kamu sudah menyiramnya.

Propagasi

Cara memperbanyak tanaman ini sangat mudah dilakukan yakni dengan cara melakukan stek batang. Akar angin mudah sekali tumbuh pada tanaman ini, potonglah sekitar 1-2 cm dari bawah akar angin lalu langsung tanamkan ke media tanam kompos atau pun dalam air.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top